Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, Jawa Barat, menggelontorkan anggaran sekitar Rp3 miliar untuk memperbaiki 50 titik ruas jalan di kabupaten itu yang pengerjaannya ditargetkan rampung pada H-7 Lebaran 2024.

Penjabat Bupati Kuningan Iip Hidajat di Kuningan, Jumat, mengatakan bahwa perbaikan bertujuan agar puluhan ruas jalan tersebut dapat dilalui oleh masyarakat khususnya yang pulang kampung ke Kuningan saat momen Lebaran nanti.
 
Ia menyebut 50 titik ini terdiri dari ruas jalan penghubung di pelosok pedesaan, jalan antarkecamatan serta jalur menuju kawasan objek wisata di Kuningan.

“Pengerjaan sudah dari 18 Maret 2024. Jika tidak ada kendala, kami bisa merampungkan pengerjaan ini pada 4 April atau H-7 Lebaran,” katanya.

Menurut dia, kondisi ruas jalan itu sudah mengalami kerusakan pada beberapa bagiannya sehingga harus diperbaiki dengan menambah lapisan aspal pada permukaan yang berlubang.
 
Ia menuturkan bahwa perbaikan itu dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, yang sebelumnya telah memetakan beberapa jalan yang rusak.
 
“Apabila beberapa ruas jalan tidak selesai sebelum Lebaran, maka tidak menutup kemungkinan kalau perbaikan akan dilanjutkan,” ujarnya.
 
Pihaknya pun mengupayakan agar ruas jalan provinsi dan jalur nasional di Kuningan bisa diperbaiki. Sehingga seluruh kondisi jalan di daerahnya bisa mulus serta bagus saat perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah nanti.

“Selanjutnya terkait dengan ruas-ruas jalan yang merupakan kewenangan dari pusat maupun dari provinsi, kami sudah koordinasikan bersama untuk juga dapat dilakukan perbaikan,” tuturnya.
 
Iip berpesan setelah perbaikan dirampungkan, masyarakat harus ikut serta dalam menjaga dan merawat kondisi ruas jalan di wilayahnya.
 
“Sekarang masih musim hujan, apabila ada kubangan air yang kemungkinan akan merusak jalan. Maka bisa dibersihkan,” ucap dia.


 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024