Pada Bulan Ramadhan 1445 Hijriah ini, Masjid Salman ITB bersama Rumah Amal Salman menghadirkan program berbagi makanan buka puasa dengan konsep yang cukup unik yakni menyajikan menu nusantara hingga dunia untuk yang berbuka puasa di sana.

Penanggungjawab program Berbagi Buka Rumah Amal Salman 1445 Hijriah, Anton Agus Pratomo, di Bandung, Selasa, mengatakan program berbagi makanan buka puasa kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni menawarkan menu hidangan khas Sunda, Minang, Jawa, Jepang, China, Timur Tengah, dan Barat.

"Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan variasi dan pengalaman baru kepada para jamaah. Kami ingin melayani berdasarkan selera jamaah dengan memperbanyak variasi menu makanan, sehingga jamaah tidak bosan dan tentunya kami ingin memberikan pengalaman baru," kata Anton dalam keterangannya.

Perubahan konsep ini juga, bertujuan untuk mengubah persepsi bahwa ‘tangan di atas lebih mulia', sehingga tahun ini makanan tidak lagi dilakukan distribusi pada shaf shalat seperti tahun-tahun sebelumnya, melainkan melalui antrean di halaman Masjid Salman ITB.

Beberapa booth makanan, ucap Anton, telah disiapkan untuk memudahkan distribusi, di mana pada hari pertama, sekitar 1.200 porsi makanan berbuka puasa disiapkan, terdiri dari 300 porsi makanan hidangan Jepang, 300 porsi hidangan Jawa, dan 600 porsi hidangan Sunda.

Baca juga: Rumah Amal Salman salurkan bantuan bagi difabel di Bandung
Baca juga: Rumah Amal Salman gelar aksi bersih-bersih masjid jelang Ramadhan
 

"Semua makanan yang disajikan telah terverifikasi Sehat, Aman, dan Halal (SAH) oleh Lembaga Halal Center Masjid Salman ITB. Kegiatan ini ditargetkan bisa bermanfaat untuk 45.000 masyarakat," ucap Anton.

Masjid Salman ITB dan Rumah Amal Salman, kata Anton, bekerja sama dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bandung Raya, dan dengan tema yang menggugah selera, Masjid Salman ITB mengajak masyarakat umum untuk berbuka di tempat tersebut, serta mengajak siapapun yang ingin berinfak untuk menghubungi wa.me/628112228333.

"Nikmati makanan berbuka dengan cita rasa nusantara dan dunia dalam semarak Ramadhan 1445 Hijriah. Bagi yang ingin berinfak untuk program ini, dapat menghubungi melalui wa.me/628112228333. Semoga program Berbagi Buka ini menjadi momen yang penuh berkah dan kebersamaan di bulan suci Ramadhan," ucapnya.

Diketahui, Rumah Amal Salman adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) pengelola zakat, infak, sedekah dan lainnya yang berfokus pada pendidikan dan teknologi.

Pewarta: RPY

Editor : Ricky Prayoga


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024