Lembaga Zakat di Bandung, Jawa Barat, yakni Rumah Amal Salman menggelar aksi bersih-bersih masjid dengan melibatkan generasi milenial di Masjid Miftahul Hasanah, Kabupaten Sumedang, dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Masehi.
 
Ketua Program Bersih-Bersih Masjid, Rumah Amal Salman, Syahrial, Senin, di Bandung, mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih ini merupakan bagian dari kegiatan sosial menjelang Bulan Suci Ramadhan.
 
"Kegiatan ini kami lakukan untuk membantu masyarakat dalam persiapan menyambut bulan suci Ramadhan. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menjalankan ibadah dengan lebih khusyuk," ujarnya.
 
Ia menambahkan, masjid yang menjadi penerima manfaat merupakan masjid desa yang aktif kegiatan keagamannya dan tentunya membutuhkan bantuan.
 
“Masjid Miftahul Hasanah menjadi salah satu masjid yang mendapatkan bantuan, sebab masjid ini menjadi tempat ibadah warga Kecamatan Pamulihan, Sumedang yang kurang lebih berjumlah 200 kepala keluarga,” kata Syahrial.
 
Selain menata keindahan masjid, Rumah Amal Salman juga memberikan bantuan fasilitas pendukung berupa sound system, alat kebersihan, termasuk Alquran dan Iqro. 
 
Rumah Amal juga memberikan edukasi melalui sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat agar kebersihan semakin terjaga. 
 
Kegiatan bersih-bersih masjid ini tentunya disambut baik oleh masyarakat setempat. 
 
Mereka merasa senang melihat masjid yang semakin indah dan terang apalagi ramadhan kian dekat menjelang dan mereka sangat senang mendapatkan beberapa fasilitas penunjang, seperti salah satunya sound system. 
 
Sementara itu, salah satu warga di sekitar Masjid Miftahul Hasanah, Kabupaten Sumedang, Tarmin, menyampaikan terima kasih dengan adanya program ini. 
 
"Kami juga senang mendapatkan sound system, sebab sebelumnya kami tidak punya sehingga seringkali meminjam. Tetapi itu juga tidak optimal, sebab suaranya tidak begitu jelas terdengar oleh warga. Ramadhan tahun ini dengan fasilitas yang bagus ini insya Allah ibadah makin nyaman dan semakin khusyuk,” kata Tarmin.

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023