Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kini telah memiliki depot arsip statis berkelanjutan berskala nasional pertama yang terletak di Jalan Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Pelaksana Tugas Kepala ANRI, Imam Gunarto, dan Pelaksana Harian Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Umum Provinsi Jabar, Hening Widiatmoko, meresmikan penggunaan gedung depot tersebut pada Selasa (5/3).  

"Setelah Jabar menghibahkan tanahnya, pada tahun 2021 Provinsi Riau juga menghibahkan tanah untuk pembangunan depot. Namun, saat pengajuan anggaran, baru tanah di Bandung yang pendanaan pembangunan depotnya disetujui, semoga ini bisa berlanjut ke Riau dan juga daerah lain," ujar Imam dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Depot arsip ini dibangun di atas tanah seluas 1.400 meter persegi yang dihibahkan Pemprov Jabar pada tahun 2020 kepada ANRI, diawali dengan penjajakan tahun 2019 dengan Gubernur Jabar periode 2019-2024, Ridwan Kamil, kemudian penyerahan sertifikat dan dokumen hibah tanah pada 2020.

"Pembangunan gedung depot arsip statis berkelanjutan ini memiliki urgensi tersendiri, karena kapasitas menyimpan arsip bersejarah tidak mungkin dilakukan di Jakarta seluruhnya, dan sesuai regulasi, ANRI bisa membangun depot arsip berkelanjutan di berbagai daerah," ujar Imam.

"Depot tersebut (di Bandung) nantinya menyimpan arsip bersejarah dengan skala nasional yang ada di wilayah Bandung dan sekitarnya, termasuk objek vital karena nantinya menyimpan arsip bersejarah bangsa Indonesia," tuturnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Depot arsip statis berkelanjutan pertama dibangun di Kota Bandung

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024