Sekretaris Komisi II DPRD Jawa Barat R Yunandar Eka Perwira meminta Pemerintah Provinsi Jabar untuk mempromosikan Laboratorium Kimia Agro di Satuan Pelayanan Balai Perlindungan Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Bandung Barat, untuk mengembangkan sektor pertanian.

Pasalnya, kata Yunandar di Bandung, Senin, lab tersebut kini telah dapat beroperasi kembali dan bisa dimanfaatkan bagi para pengusaha di bidang pertanian maupun petani, setelah dua tahun proses revitalisasi.

Sehingga, para pengusaha pertanian dan para petani, langsung bisa memanfaatkan ketika ingin mengetahui kualitas tanah, kualitas pupuk, dan bahkan kualitas produk yang dihasilkan.

"Oleh karena itu, saya mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus mensosialisasikan dan mempromosikan kembali laboratorium tersebut," ucap Yunandar.

Di sisi lain, Yunandar mengatakan agar para pengusaha bidang pertanian dan masyarakat yang berkecimpung langsung dalam bidang pertanian bisa memanfaatkan fasilitas ini, tentu harus ada peningkatan yang signifikan pada kapasitas dan kualitas laboratorium itu sendiri.

"Dengan berfungsinya kembali laboratorium ini, seharusnya bisa menjadikan perkembangan yang sangat strategis dan produktif dalam perkembangan dalam sektor pertanian," ucap Yunandar.

Yunandar meminta ke depan, Laboratorium Kimia Agro ini bisa lebih ditingkatkan dalam hal pelayanan dan fasilitas untuk menjadikannya yang terbaik.

"Harus lebih ditingkatkan, sehingga bisa menjadikan salah satu Laboratorium Kimia Agro terbaik di Indonesia," tuturnya.


Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024