Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggandeng perusahaan swasta jasa ekspedisi, JNE dalam mendistribusikan logistik pemilu 2024.

"Untuk pendistribusian kotak suara ini oleh JNE," ungkap Ketua KPU Kabupaten Bogor Muhammad Adi Kurnia di Cibinong, Bogor, Jumat.

Ia menjelaskan KPU sejak Kamis (25/1) mulai mendistribusikan logistik pemilu dari gudang KPU di Klapanunggal, Bogor, ke masing-masing gudang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Menurut Adi, logistik pemilu yang saat ini didistribusikan oleh JNE yaitu kotak suara dan surat suara jenis pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, dan DPR RI. Sedangkan surat suara jenis DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kabupaten Bogor masih dalam tahap pengemasan.

"Kalau skema yang dibuat kesekretariatan itu 15 hari (pengiriman), jadi satu kecamatan itu tiga hari untuk lima kotak jenis suara," ujarnya.

Adi menyebutkan dari 3.973.004 surat suara yang disediakan, sebanyak dua persen di antaranya yaitu kertas suara cadangan.

Dia mengatakan KPU Kabupaten Bogor meminimalisir kerusakan logistik pemilu dengan melapisi plastik kotak suara berisi surat suara
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024