Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melibatkan sekitar 500-700 tenaga pekerja untuk membantu proses tahapan sortir dan lipat logistik surat suara sebelum digunakan pada Pemilu 2024.
 
“Kita sudah melakukan persiapan untuk pelipatan surat suara ini. Ada sekitar 500-700 petugas pelipat,” kata salah satu Anggota KPU Kabupaten Kuningan Maman Sudiaman saat dikonfirmasi di Kuningan, Jumat malam.

Baca juga: KPU Kuningan buka pendaftaran 25.175 anggota KPPS

Maman mengatakan seluruh jenis surat suara sudah diterima oleh KPU Kabupaten Kuningan, yang mana penerimaan terakhir  pada Kamis (4/1) kemarin.

“Pengiriman logistik kemarin itu berupa Surat Suara DPD dan Pilpres ke gudang di Kuningan,” ujarnya.

Setelah seluruh surat suara diterima, kata dia, proses sortir dan lipat akan dilakukan pada 8 Januari 2024 yang dipusatkan di Gedung Olahraga Ewangga, Kuningan.

“Para tenaga petugas pelipat surat suara direkrut oleh KPU Kabupaten Kuningan melalui proses seleksi dengan syarat dan ketentuan sesuai aturan yang berlaku,” kata dia lagi.

Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Budi Hartono menjelaskan surat suara yang diterima oleh pihaknya berjumlah lebih dari 4,5 juta lembar yang terdiri dari beberapa jenis.

Dia menyebutkan setiap jenis surat suara akan dibagi secara menyeluruh dengan jumlah sama sebanyak 914.724 lembar.

“Total semuanya itu masing-masing 914.724 lembar baik untuk surat suara DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI dan pilpres,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengalokasikan beberapa jumlah surat suara untuk mengantisipasi bila terjadinya proses pemungutan suara ulang di Kabupaten Kuningan.

“Misalnya untuk pilpres kami alokasikan 1.000 lembar dan pileg 5.000 lembar surat suara,” katanya.
Sementara Penjabat Bupati Kuningan Iip Hidajat menuturkan berdasarkan hasil tinjauannya, pihaknya merasa yakin bahwa gudang penyimpanan logistik pemilu milik KPU sudah representatif dan aman untuk menyimpan seluruh barang yang berkaitan dengan pemilu.

Iip juga mengapresiasi sistem penjagaan di gudang logistik itu, karena setiap sudutnya sudah dilengkapi kamera CCTV dan didukung pengamanan secara ketat oleh aparat kepolisian, TNI serta petugas KPU setempat.

“Sebagian besar logistik untuk pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Kuningan sudah diterima dan disimpan di gudang ini, walaupun sebagian ada yang belum lengkap," tutur dia.

Dia memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 secara serentak di Kabupaten Kuningan sudah sangat siap dan pihaknya berharap pesta demokrasi itu dapat berjalan aman serta kondusif.

Baca juga: KPU Kuningan fokus dongkrak partisipasi pemilih 82 persen

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024