Kepolisian Resor (Polres) Kuningan, Jawa Barat menyiapkan manajemen lalu lintas dan mendirikan pos khusus di jalur menuju objek wisata untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan saat malam puncak perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Rekayasa lalu lintas sudah dipersiapkan antisipasi terjadi kemacetan. Namun sifatnya situasional di lapangan,” kata Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian saat dikonfirmasi di Kuningan, Jumat.

Willy menjelaskan ada pendirian lima pos yaitu tiga pos pengamanan yang berada di titik masuk objek wisata yaitu Sampora, Bojong dan Cigugur. Kemudian satu pos pelayanan terpadu di Taman Kota Kuningan serta pos pelayanan di lainnya pada Terminal Kertawangunan.
 
Selain itu, kata dia, Polres Kuningan menyediakan 21 pos tetap pengaturan lalu lintas yang didirikan pada titik rawan kemacetan di Kuningan.
 
Pihaknya juga menerjunkan 426 personel pada pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2023 yang didukung dengan bantuan petugas lintas sektoral dari unsur TNI, Dishub Kabupaten Kuningan, Satpol PP Kabupaten Kuningan, Dinkes Kabupaten Kuningan serta mitra Polri.
 
“Setiap personel ditempatkan pada beberapa pos yang digunakan untuk pengamanan jalur lalu lintas demi mengantisipasi kemacetan dan juga pengamanan gereja,” tuturnya.
 
Jika situasinya terjadi kepadatan, ujar Willy, petugas di lapangan akan menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai antrean kendaraan yang hendak masuk ke titik-titik wisata.
 
“Kemarin kita sudah koordinasikan dengan pengusaha tempat wisata dalam rapat lintas sektoral khusus arus lalu lintas. Kita khususkan pada kantong parkir di obyek wisata (agar bisa menampung kendaraan,” ujarnya.
 
Selanjutnya, Willy menyampaikan sejak beberapa waktu lalu pihaknya sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengaktifkan kembali Jalan Lingkar Timur Kuningan yang sedang dalam perbaikan.
 
Ia berharap pada tanggal 25 Desember 2023 nanti, jalur itu sudah bisa digunakan kembali sehingga bisa menjadi opsi untuk pengalihan arus lalu lintas.
 
Kapolres memastikan seluruh personelnya memberikan pelayanan dan pengamanan yg maksimal pada perayaan Natal dan Tahun Baru di Kuningan kali ini.

“Kita himbau juga masyarakat tetap memperhatikan keselamatan berlalu lintas di jalan raya , dan keamanan dan ketertiban selama liburan Natal dan tahun baru,” ucap dia.

 

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023