Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, mengimbau masyarakat di daerahnya selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat bepergian untuk mencegah kasus positif COVID-19 serta mendorong agar proses vaksinasi digencarkan kembali.
 
“Kita perlu mendorong vaksinasi, khususnya bagi yang telah divaksinasi tiga, untuk mengaktifkan kembali perlindungan,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Senin.

Baca juga: Pemkot Cirebon ingin ciptakan keluarga produktif lewat program Kampung Berkualitas
 
Agus mengatakan imbauan itu perlu disampaikan karena berdasarkan surat edaran dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat tentang tren kenaikan kasus positif COVID-19 mulai terjadi di sejumlah daerah.
 
Atas dasar itu, kata Agus, maka penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi harus digencarkan kembali sebagai antisipasi dini untuk memutus rantai penyebaran kasus COVID-19.
 
“Terkait COVID-19 sudah disampaikan, kami telah menerima surat edaran dari kepala dinas provinsi untuk mengimbau, walaupun masih awal pun ada kenaikan tapi bisa dikendalikan,” ujarnya.
 
Tidak hanya menyosialisasikan imbauan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan ruang isolasi khusus di Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati, Kota Cirebon dengan fasilitas yang memadai untuk penanganan kasus positif COVID-19.
 
Dia memastikan Pemkot Cirebon sudah siap  melakukan langkah penanganan, namun pihaknya lebih mengedepankan upaya pencegahan agar kasus positif COVID-19 tidak terjadi di Kota Cirebon.
 
“Kemudian penyediaan ruang isolasi di rumah sakit, sementara ini kita sudah ada dan masih  berfungsi. Tapi dengan pengalaman kemarin, mudah-mudahan tidak. Tapi antisipasi kalau kemudian ada peningkatan, teman-teman RSD Gunung Jati sudah siap,” ucapnya.
 
Sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan tren peningkatan kasus COVID-19 terjadi dalam kurun beberapa pekan terakhir pada 21 provinsi, termasuk di Jawa Barat.
 
Merujuk laman Infeksi Emerging Kemenkes RI, per 9 Desember 2023 kenaikan kasus mingguan COVID-19 menyentuh angka 554 kasus positif. Peningkatan kasus itu telah terjadi sejak periode 8-14 Oktober 2023 dengan kasus konfirmasi mingguan naik 134 persen per pekan.

Baca juga: Pj Gubernur Jabar minta Agus Mulyadi pimpin Kota Cirebon dengan baik

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023