Kepolisian Resor Garut melakukan pemetaan jalur kawasan objek wisata yang diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung menjelang musim libur akhir tahun yakni Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Garut, Jawa Barat agar arus lalu lintas tetap lancar, tertib, dan aman.

"Untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru, kami memprioritaskan pengamanan jalur menuju sejumlah objek wisata di Garut," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Jumat.

Baca juga: Polres Garut tangkap pelaku penipuan umrah rugikan 21 korban

Ia menuturkan jajarannya sudah melakukan pengecekan kondisi jalan kabupaten, provinsi maupun nasional untuk mengetahui langsung kesiapan kondisi jalan yang akan banyak dilintasi kendaraan saat musim libur akhir tahun.

Hasil pengecekan jalur itu, kata dia, selanjutnya melakukan pemetaan jalur mana saja yang menjadi wilayah tujuan masyarakat atau wisatawan ke tempat wisata saat musim libur Natal maupun Tahun Baru.

Ia menyebutkan hasil pengecekan ada sejumlah kawasan wisata seperti Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Cipanas Garut, dan Darajat di Kecamatan Pasirwangi yang memiliki persoalan terjadinya kepadatan arus kendaraan.

"Ada beberapa 'trouble spot' di jalur tersebut, namun sudah diantisipasi termasuk telah disiapkan insfrastruktur penunjangnya," katanya.

Ia menyampaikan saat ini masih ada beberapa jalan yang sedang diperbaiki, namun secara keseluruhan jalur menuju objek wisata di Garut sudah cukup layak untuk dilalui kendaraan bermotor.

Selain kesiapan jalur, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan strategi yakni rekayasa lalu lintas di kawasan jalur wisata dengan mengalihkan arus kendaraan apabila di lokasi wisata tidak lagi menampung pengunjung maupun kendaraan wisatawan.

"Misalnya di Pantai Rancabuaya sudah penuh, maka kita akan alihkan ke objek wisata lain seperti Pantai Santolo atau Sayangheulang," kata Aang.
Ia menambahkan Polres Garut akan mendirikan Pos Pantau Wisata di kawasan objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan seperti destinasi wisata pantai di selatan Garut.

"Pos Pantau Wisata di sejumlah objek wisata pantai di Garut selatan untuk mengantisipasi kemungkinan apabila terjadi kemacetan total akan dilakukan pengalihan ke jalur alternatif," katanya.

Baca juga: Polres Garut berlakukan larangan sepeda listrik beroperasi di jalan raya

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Satria Budi menyatakan, pihaknya sudah mempersiapkan personel untuk memberikan pengamanan dan kenyamanan saat musim libur Natal dan Tahun Baru.

"Kita mempersiapkan di objek-objek wisata ya, untuk memberikan pengamanan, pelayanan, dan kenyamanan kepada para tamu yang datang ke Kabupaten Garut," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023