Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar program seni budaya dan bazar UMKM di sejumlah destinasi wisata di wilayah selatan menjelang akhir tahun guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan dan ekonomi daerah.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Sabtu, mengatakan berbagai obyek wisata yang keberadaan-nya saling menunjang sudah terhubung dengan infrastruktur yang laik atau baik mulai dari Utara hingga Selatan termasuk ditunjang sarana dan prasarana penunjang lainnya.

"Kita targetkan angkanya di atas 100 ribu wisatawan dari Kabupaten/kota terdekat seperti Bandung, Sukabumi, Garut dan Tasikmalaya. Berbagai kegiatan seni dan budaya sampai bazar akan digelar saat akhir tahun di pantai selatan dan obyek wisata lainnya," kata Herman.

Bupati Cianjur, menjelaskan untuk destinasi wisata di wilayah Selatan mulai dari Kampung Adat Miduana di Kecamatan Naringgul, air terjun, pantai dan wisata buatan di Kecamatan Cidaun dan Sindangbarang, sudah dapat dijangkau dengan mudah karena akses jalan baik yang sudah dibangun pemkab.

Infrastruktur yang baik terkoneksi langsung dari jalan kabupaten dengan jalan provinsi dan pusat yang membentang di wilayah selatan Cianjur penghubung antar kabupaten di Jawa Barat bagian Selatan seperti Kabupaten Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya dan kota lainnya.

"Infrastruktur jalan baik menjadi cara cepat wisatawan untuk sampai ke berbagai destinasi wisata di wilayah Selatan dan aktifitas perekonomian warga sekitar setiap harinya. Ketika angka kunjungan tinggi akan meningkatkan roda ekonomi pastinya," kata Herman.

Sedangkan untuk menunjang keberadaan destinasi wisata di Cianjur, pihaknya akan menjalankan program seni budaya dan bazar UMKM setiap bulan-nya guna menarik minat wisatawan untuk datang berlama-lama di Cianjur terutama di akhir tahun.
"Setiap kegiatan dan program promosi di Cianjur akan melibatkan pelaku UMKM yang tersebar di seluruh kecamatan, ketika seluruh lapisan saling menunjang tentunya akan menghasilkan program baru dalam meningkatkan perekonomian," katanya.

Pelaku pariwisata di Kecamatan Cidaun, Alih mengatakan program akhir tahun yang digelar pemerintah daerah merupakan gagasan bersama pelaku usaha di wilayah Selatan Cianjur yang selama ini berharap meningkatnya angka kunjungan dengan sejumlah program penunjang termasuk gelaran seni budaya dan bazar UMKM.

"Selama ini program tersebut digelar masing-masing pelaku pariwisata untuk meningkatkan angka kunjungan, namun tahun ini sejumlah program yang sudah berjalan dan akan digelar digarap bersama ditunjang pemerintah daerah, ini menjadi harapan kami selama ini," katanya.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023