Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meresmikan rumah layak huni yang dibiayai dari bulan dana kemanusiaan PMI tahun 2022 untuk warga tidak mampu di Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtengah, Kamis.

Sekretaris PMI Kabupaten Cianjur, Sukirman di Cianjur, Kamis mengatakan pembangunan rutilahu tersebut merupakan pertama kali dilakukan PMI Cianjur yang akan menjadi program tahunan dalam memberikan pelayanan kemanusiaan di Cianjur.

"Keberadaan PMI adalah membantu pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kemanusiaan, termasuk membangun rutilahu bagi warga yang tidak tersentuh bantuan dari pemerintah," katanya.

Bahkan pihaknya menargetkan di tahun depan dapat membangun lebih dari satu unit rutilahu yang tidak tersentuh bantuan pemerintah dari hasil donasi bulan dana kemanusiaan PMI tahun 2023 yang terkumpul selain menjalankan program tujuh pelayanan untuk kemanusiaan.

Sepanjang tahun ungkap dia, berbagai pelayanan kemanusiaan diberikan pada warga termasuk pelayanan bagi warga penyintas gempa mulai dari pelayanan kesehatan, logistik, pembangunan hunian darurat sampai dengan pelayanan air bersih selama musim kemarau.

"Sampai pekan ini, untuk pelayanan air bersih menggunakan mobil tangki PMI masih berjalan, termasuk berbagai kegiatan lainnya guna meringankan beban warga terutama penyintas yang masih tinggal di dalam tenda dan hunian darurat," katanya.

Penerima bantuan Hendri (38) warga Kampung Cigalumpit, Desa Hegarmanah, Kecamatan Karangtegah, mengatakan tidak menyangka rumah panggung berdinding anyaman bambu warisan orang tuanya yang sudah tiga tahun tidak layak huni mendapat bantuan pembangunan dari masyarakat melalui PMI Cianjur.
"Saya hanya pengemudi ojek online yang tidak memiliki cukup uang atau tabungan untuk membangun rumah yang sudah tidak layak huni bersama istri dan empat orang anak. Terimakasih saya ucapkan untuk masyarakat Cianjur yang sudah berdonasi melalui PMI Cianjur," katanya.

Saat ini, Hendri dan keluarga sudah dapat mengisi rumah permanen dengan dua kamar, satu ruangan dan kamar mandi serta dapur yang dibangun dari donasi masyarakat melalui bulan dana kemanusiaan PMI Cianjur.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023