Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengajak para pemuda untuk menguasai teknologi serta literasi digital yang menjadi sesuatu yang harus diseriusi.

"Diingatkan kembali bahwa kita sekarang situasi berbeda dengan yang lalu. Dengan artificial intelligence (AI) kemudian kita harus kolaboratif," kata Bambang saat menghadiri upacara Hari Sumpah Pemuda di Plaza Balai Kota, Bandung, Sabtu.

Baca juga: Pj Wali Kota Bandung gerakkan semua OPD untuk tangani sampah

Bambang mengatakan dengan penguasaan teknologi serta kolaborasi dapat mengakselerasi percepatan pembangunan khususnya di Kota Bandung.

"Semangat kolaborasi ini menjadi penting untuk percepatan pembangunan di semua bidang yang ada terutama di Kota Bandung," kata dia.

Tak hanya itu, ia juga meminta para pemuda untuk peduli terhadap lingkungan. Dengan berbagai isu lingkungan seperti perubahan iklim, pemanasan global dan persampahan, pemuda harus hadir menjawab tantangan zaman.

Di Kota Bandung, kata Bambang telah terbentuk gerakan pemuda peduli lingkungan yang sudah secara masif hadir di 30 kecamatan.


Bahkan ia menyebut saat ini pemerintah kota tengah mendorong gerakan tersebut di 151 kelurahan. Apalagi saat ini kota Bandung masih menghadapi masalah darurat sampah.

"Mari kita bangkitkan kembali bersama mengelola sampah sehingga memberikan manfaat bagi semua," katanya.

Baca juga: Pj Wali Kota Bandung minta OPD kooperatif sajikan data ke auditor BPK

Selain itu, dia menyebutkan Pemkot Bandung juga senantiasa mendukung perkembangan pemuda di daerah dengan telah menyiapkan fasilitas berupa ruang kerja bersama (coworking space) guna meningkatkan inovasi dan produktivitas para pemuda di Kota Kembang tersebut.

"Agar pemuda itu lebih inovatif dan bisa memanfaatkan ruang untuk untuk mereka bisa berkumpul untuk tujuan positif buat pembangunan," kata dia.

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023