Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mencatat sebanyak 42.861 warga di daerah itu telah melakukan aktivasi kartu tanda penduduk digital sebagai implementasi penerapan data kependudukan ke dalam aplikasi identitas kependudukan digital (IKD).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bekasi Achmad Syarief menjelaskan hingga saat sebanyak 42.861 warga di daerah ini sudah mengaktivasi KTP digital.

"Hingga saat ini baru 42.861 warga yang sudah mengaktivasi IKD. Jumlahnya masih kurang dari dua persen jumlah penduduk yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik," katanya di Cikarang, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya mengoptimalkan aktivasi KTP digital dengan kegiatan jemput bola untuk mempercepat pencapaian IKD sesuai target yang dicanangkan pemerintah pusat sekitar 25 persen dari jumlah penduduk. Selain di kantor desa atau kelurahan, kegiatan serupa dilakukan di pusat perbelanjaan hingga fasilitas pendidikan.

"Pelayanan jemput bola ini kami laksanakan di Pollux Mall Jalan KH. Raden Ma'mun Nawawi mulai Selasa (23/8) hingga 24 Agustus 2023 menyasar pengunjung serta warga sekitar. Selain itu pelayanan serupa kita lakukan di SMA Pangudi Luhur Delta Mas," ucapnya.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023