Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar berbagai acara, di antaranya Batik Cianjur Run 2023 untuk memeriahkan Hari Jadi  ke-346  Cianjur (HJC) dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk pelaku pariwisata dan pelaku UMKM.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Minggu, mengatakan untuk memeriahkan HJC pihaknya merangkul semua pihak termasuk pelaku UMKM yang siap menggelar acara sekaligus memperkenalkan produk batik khas Cianjur hingga ke mancanegara.

"Berbagai rangkaian acara mulai dari skala lokal, regional hingga internasional dapat digelar pada HJC ini, salah satunya Batik Cianjur Run, selain memperkenalkan obyek wisata juga mengenalkan produk unggulan UMKM batik Cianjur," katanya.

Batik Cianjur Run akan digelar pada tanggal 12 Agustus 2023 dengan panjang lintasan yang akan dilalui sekitar 5 kilometer melewati sejumlah obyek wisata favorit di wilayah Cianjur utara, tepatnya Kecamatan Cipanas, Pacet dan Sukaresmi.

"Kami berharap dengan digelarnya Batik Cianjur Run 2023, dapat meningkatkan angka kunjungan ke Cianjur, terutama ke wilayah utara yang selama ini dikenal dengan kota wisatanya Cianjur," katanya.

Ketua Panitia Batik Cianjur Run 2023, Rizky Alfarabi, mengatakan Batik Cianjur Run 2023 digelar untuk menghadirkan hiburan sekaligus olahraga, sambil memperkenalkan budaya dan produk unggulan UMKM di Cianjur salah satunya batik.

“Kami ingin menampilkan kegiatan yang berbeda khususnya di wilayah Cianjur utara yang selama ini lebih dikenal sebagai kota wisata-nya Cianjur, sambil mengenalkan batik Cianjur yang tidak kalah dibandingkan batik dari daerah lain,” katanya.
Jarak tempuh dalam kegiatan olahraga lari ini, mengambil garis start dari Cipanas Plaza melintasi sejumlah obyek wisata lama dan baru di tiga kecamatan wilayah utara, dimana pelari akan mengenakan baju dengan motif khas Cianjur-an seperti hayam pelung, beras, maenpo dan gunung padang.

"Dalam kegiatan itu, akan digelar pameran UMKM khas Cianjur, mulai dari produk makanan, kerajinan tangan, dan lainnya. Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak, Diskuperdagin Cianjur dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur," katanya.

Sedangkan total hadiah yang akan diperebutkan pada Batik Cianjur Run 2023, sekitar Rp100 juta, termasuk hiburan dengan menghadirkan artis ibu kota. "Untuk pendaftaran dibuka sampai 11 Agustus 2023, terbuka untuk umum dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia," katanya.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023