Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, memberikan pelatihan penanggulangan bencana bagi aparatur kecamatan dan sukarelawan, sehingga bisa mencegah risiko jiwa dan materi.

"Pelatihan ini merupakan langkah nyata Pemerintah Kabupaten Garut untuk memberikan hal terbaik kepada unsur-unsur yang berperan penting dalam penanggulangan bencana," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat kegiatan pelatihan penanggulangan bencana alam di Cicula Camping Ground and Resort, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Kamis.

Ia menuturkan Pemkab Garut melalui BPBD mengambil langkah proaktif dan antisipatif dalam menghadapi potensi bencana alam, salah satunya dengan menggelar pelatihan penanggulangan bencana.

Pelatihan tersebut, kata Helmi, mengikutsertakan unsur-unsur seperti Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), aparatur pemerintah desa, dan perwakilan sukarelawan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Garut.

Ia mengatakan bahwa persoalan bencana alam tidak hanya menjadi perhatian pemerintah, melainkan semua unsur elemen masyarakat. Untuk itu, perlu adanya pelatihan yang dapat memberikan pemahaman tentang kebencanaan.

"Selain itu, juga menekankan pentingnya peningkatan kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan dalam penanggulangan bencana," katanya.

Helmi berharap pelatihan penanggulangan bencana alam dapat dilakukan secara kolaboratif antarlintas sektor karena masalah kebencanaan merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah.
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut Yanti Nurwanti mengatakan, pelatihan dengan anggaran dari pemerintah pusat dan daerah itu memberikan hal yang positif.

Ia berharap kegiatan pelatihan itu menjadi momentum penting dalam membangun sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan sukarelawan sebagai garda terdepan dalam menangani bencana dan mewujudkan kesiapsiagaan bencana berkelanjutan di Garut.

"Kami memberikan apresiasi tinggi atas semangat dan dedikasi mereka yang turut berpartisipasi dalam upaya menjaga keselamatan wilayah," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023