Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi mengaktifkan kembali kegiatan satuan keamanan lingkungan (satkamling) yang sebelumnya dikenal dengan istilah poskamling.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedy Aditia Bennyahdi menjelaskan bahwa satuan keamanan lingkungan merupakan garda terdepan penjaga kamtibmas di lingkungan RT/RW masing-masing desa dan kelurahan.

"Berdasarkan data satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023 menunjukkan bahwa total ada 230.028 pos satkamling namun hanya 60 persen yang aktif," katanya saat memimpin apel Ketua Satuan Keamanan Keliling yang digelar di Lapangan Promoter Polres Metro Bekasi, Rabu.

Twedy berharap reaktivasi satkamling menjadi peringatan dini terhadap potensi kejahatan sekaligus mampu melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat serta unsur terkait melakukan upaya revitalisasi dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali satkamling yang ada di lingkungan masing-masing, maupun membentuk satkamling baru sesuai target yang telah disepakati bersama.


"Tadi disampaikan masih ada yang tidak aktif dari sekian banyak yang sudah didirikan pos satkamling. Padahal dengan adanya satkamling ini dapat menciptakan rasa aman, nyaman, dan bisa menciptakan silaturahmi serta kerukunan antarwarga," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menyambut baik upaya jajaran Polri merevitalisasi dan memberdayakan kembali keberadaan satkamling di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Keberadaan satkamling ini adalah bukti untuk memperkuat jati diri Bangsa di mana keamanan dan ketertiban adalah tanggung jawab bersama," ucapnya.

Sebagai bentuk dukungan, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menginstruksikan para camat dan kepala desa agar merevitalisasi kembali satkamling di lingkungan RT/RW pada setiap desa dan kelurahan.

Pihaknya juga akan mengikutsertakan satkamling pada lomba Kampung Makin Berani Bersih yang diadakan bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Bekasi. Salah satu komponen penilaian lomba ini terkait ketertiban dan keamanan lingkungan.
 


"Sehingga nanti aspek keberadaan satkamling yang aktif ini akan menjadi poin tambahan dan ada penghargaan khusus," kata dia.

Gubernur ajak aktifkan kembali siskamling

Pada awal tahun 2023, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengajak warga Kota Bandung meningkatkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) untuk mengurangi tindak kejahatan malam hari, termasuk kejahatan jalanan.

"Tapi kenapa kejahatannya banyak ya ini PR bersama. Berarti ada sistem sosial kita yang harus disempurnakan. Makanya siskamling kita tingkatkan lagi. Apakah dengan siskamling aparat keamanan tidak bekerja? Kan tidak juga. Keamanan kewajiban bersama," kata Ridwan Kamil ketika dimintai tanggapan soal maraknya kejahatan pada malam hari yang terjadi di Kota Bandung.

Sebelumnya di ranah media sosial, warganet menyebutkan bahwa kondisi Kota Bandung saat ini seperti Gotham City. Sebutan ini disematkan merujuk kasus kejahatan jalanan di kota yang mulai marak belakangan ini.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Ridwan Kamil mengaku sudah berkoordinasi untuk membahas hal itu.
 


Ia mengatakan pihaknya memastikan polisi terus bekerja untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023