Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada pelaku pariwisata di sejumlah kecamatan untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan dan pengembangan objek wisata.

Kepala Dinas Dibudpar Cianjur, Ahmad Danial di Cianjur, Senin, mengatakan berbagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cianjur, dilakukan pemerintah daerah termasuk mengikuti pameran dan promosi pariwisata di tingkat regional dan nasional.

Baca juga: Pemkab Cianjur: Taman Alun-alun dibuka jelang Idul Adha

"Untuk pelatihan kami berikan pada pelaku dan pengelola tempat wisata berbasis masyarakat yang banyak tersebar di kecamatan di Cianjur seperti wisata air terjun, wisata alam, wisata bahari dan berbagai objek wisata lainnya," kata Danial.

Sehingga setelah mendapat pelatihan, pelaku pariwisata dapat mengembangkan objek wisata yang mereka kelola termasuk melakukan penataan berkelanjutan yang akan dibantu dari anggaran yang diajukan Pemkab Cianjur ke Pemprov Jawa Barat.

Terkait upaya pemerintah daerah terutama dalam pembangunan sarana dan prasarana penunjang untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Cianjur, ungkap dia, pihaknya melakukan perbaikan dan pembangunan jalan yang diprioritaskan menuju objek wisata sepanjang 73 kilometer di wilayah selatan.
"Ketika infrastruktur jalan kualitasnya baik, dengan sendirinya akan menjadi promosi dan masukan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sejumlah obyek wisata di Cianjur, ditambah dengan baiknya infrastruktur akan lebih meningkatkan perekonomian warga sekitar," katanya.

Upaya promosi terkait objek wisata di Cianjur, saat ini, tutur Danial, baru sebatas di media sosial, agar dapat dikenal luas warga di tingkat lokal dan luar Cianjur, sehingga mereka memiliki keinginan untuk datang berlama-lama di Cianjur.

"Kami juga akan menggelar kegiatan tahunan yang dapat menjadi ciri khas Cianjur, seperti pameran bunga tingkat nasional dan internasional menggaet sponsor dari dalam dan luar Cianjur, pesta nelayan dan sejumlah kegiatan seni budaya yang dapat mengundang banyak wisatawan," katanya.

Baca juga: BPBD Cianjur minta pengelola tempat wisata pantai waspadai gelombang tinggi

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023