Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menargetkan Taman Alun-alun Cianjur yang diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa tahun yang lalu dapat dibuka kembali untuk umum menjelang Hari Raya Idul Adha setelah dilakukan perbaikan.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, Senin, mengatakan penutupan yang dilakukan sejak satu bulan terakhir karena sejumlah fasilitas mengalami kerusakan, sehingga pihaknya menganggarkan dana Rp 200 juta untuk perbaikan.

Baca juga: Pusat UMKM didirikan di Taman Alun-alun Cianjur untuk menarik wisatawan

"Pengelolaan yang semula ditangani BUMD Cianjur Sugih Mukti akan dialihkan kembali ke Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Cianjur, sehingga ke depan pemeliharaan taman kebanggaan warga Cianjur tetap terjaga," katanya.

Bupati Cianjur, meminta warga Cianjur ikut serta menjaga keberadaan fasilitas serta kebersihan dan kelestarian tanaman yang ada di Taman Alun-alun Cianjur, sehingga tidak lagi terjadi kerusakan akibat perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab.

"Ini taman kebanggaan warga Cianjur, sehingga harus dijaga semua fasilitas yang ada, tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mencabut tanaman yang ada, mari kita jaga karena ini bukan milik pemerintah daerah semata tapi milik warga," katanya.
Pejabat Fungsional Tata Bangunan dan Perumahan Dinas Perkimtan Cianjur, Dani, mengatakan peralihan pengelolaan Taman Alun-Alun Cianjur sesuai dengan hasil pertemuan rapat setelah adanya pencabutan penugasan BUMD Cianjur Sugih Mukti sebagai pengelola.

"Kami diberikan tugas untuk kembali mengelola Taman Alun-alun Cianjur, termasuk melakukan pengerjaan pemeliharaan dengan target menjelang Idul Adha sudah dapat dibuka kembali bagi warga dan wisatawan luar kota sesuai instruksi Bupati Cianjur," katanya.

Sedangkan terkait pengelolaan ke depan, pihaknya masih menunggu teknis yang akan diberikan ke Dinas Perkimtan Cianjur atau ke pihak ketiga."Kita lihat nanti keputusan Bupati Cianjur apakah oleh dinas atau pihak lain," katanya.

Baca juga: Taman Alun-alun Cianjur kembali dibuka untuk umum dan tak harus pakai masker

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023