Ratusan siswa asal SMAN 8 Kota Bekasi, Jawa Barat ramai-ramai menduduki Gedung DPRD Kabupaten Bekasi bahkan sempat menggelar agenda rapat paripurna di Ruang Sidang Utama yang berlokasi di kompleks perkantoran Pemkab Bekasi itu.

"Kegiatan ini merupakan simulasi dari penerapan mata pelajaran profil pelajar Pancasila yang diajarkan di sekolahnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna di Cikarang, Selasa.

Dia mengatakan para pelajar yang menggelar simulasi rapat paripurna hari ini merupakan bagian dari rangkaian wisata industri yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Jadi ini tindak lanjut dari program wisata industri yang sudah kita launching. Ini batch kedua, kunjungan dari SMA 8 Kota Bekasi," katanya.

Pada program wisata industri hari ini, total 400 pelajar melakukan kunjungan ke Gedung DPRD Kabupaten Bekasi secara bergantian setelah atau sebelum mengunjungi pabrik-pabrik di kawasan industri.

"Nah kebetulan yang sekarang dibagi dua batch yang 200 orang ke pabrik dan 200 orang lagi ke gedung dewan nanti mereka bergantian," ucapnya.

Iyan mengaku dari kunjungan di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, para pelajar terlihat antusias mendengarkan arahan dan informasi yang disampaikan staf kesekretariatan DPRD terkait teknik persidangan. Para pelajar silih berganti bertanya mengenai tugas dan wewenang DPRD.

"Ternyata animo dan antusias para pelajar ke gedung DPRD sangat besar sekali, terbukti dari pertanyaan yang diajukan di ruang rapat, tadi kita mengikuti juga di gedung paripurna seolah-olah jadi anggota DPRD, ada simulasi pembuatan perda juga tadi," ucapnya.

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023