Antarajawabarat.com,21/8 - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menuturkan Provinsi Jawa Barat harus bisa kembali meraih juara umum pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional.

"Ukir prestasi tertinggi, raih kembali Juara Umum pada STQ Nasional nanti," kata Deddy Mizwar saat Pelepasan Kafilah STQ Jawa Barat ke Tingkat Nasional Tahun 2013 di Hotel Lingga Bandung, Rabu.

Sejak Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional diselenggarakan tahun 1978 di DKI Jakarta, hingga yang terakhir STQ ke-21 di Banjarmasin -Kalimantan Selatan tahun 2011 lalu, Jawa Barat pernah meraih 2 (dua) kali juara umum yaitu pd STQ ke-9 Tahun 1992 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara dan STQ ke-12 di Kota Ambon tahun 1996.

Untuk itu, Deddy Mizwar berpesan para para Kafilah Jabar untuk menampilkan semua kemampuan, keahlian dan prestasi terbaiknya.

Pihaknya juga berharap agar masyarakat merasakan dampak manfaat atas keberadaan LPTQ sebagai media dakwah umat, syiar Qurani sekaligus motor penggerak peningkatan semangat umat untuk membaca, mempelajari, menghafal, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran.

Lebih lanjut Deddy berpesan ajang STQ Nasional ini harus menjadi menjadi kesempatan emas bagi pengurus LPTQ Jawa Barat untuk mengamati, mempelajari dan mengevaluasi setiap detail kegiatan sebagai bahan kajian untuk diaplikasikan dalam program kerja khususnya event STQ/MTQ di Jawa Barat agar paripurna dalam pelaksanaan serta berhasil meraih prestasi terbaik.

Sementara itu, Asisten Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi melaporkan, salah satu tugas Kepengurusan LPTQ adalah mempersiapkan kafilah Jawa Barat mengikuti STQ ke-22 Tingkat Nasional di Kepulauan Bangka Belitung.

Pelaksanaannya sendiri, kata dia, terdiri dari beberapa tahap yang dimulai dari STQ Tingkat Provinsi April lalu, dilanjutkan Pembinaan yang dilaksanakan 3 tahap mulai Juni- Agustus.

"Tahap akhir, kafilah Jawa Barat siap untuk mengikuti STQ Nasional pada tanggal 23 sampai 29 Agustus 2013, sebanyak 50 orang yang terdiri dari peserta 16 orang, pembina 10 orang, official 20 orang, pendamping 4 orang," katanya.

Menurut dia, cabang yang akan diikuti adalah tilawah kanak-kanak putra/putri, tilawah dewasa putra/putri, tahfidz 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz putra/putri, tafsir bahasa arab putra/putri.***4***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013