Pemerintah Kota Tasikmalaya menerjunkan langsung sejumlah petugas untuk membersihkan tumpukan sampah yang tersebar di sejumlah titik dampak dari aktivitas masyarakat saat libur Lebaran di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Iya, jadi banyak sekali (sampah), kemarin kita juga monitor di Cikurubuk (pasar) sudah penuh," kata Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah di Tasikmalaya, Rabu.

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya siapkan layanan mudik dan wisata aman saat libur lebaran

Ia menuturkan setiap musim libur Hari Raya Lebaran selalu terjadi peningkatan volume sampah di Kota Tasikmalaya, sehingga pihaknya berupaya membersihkan lalu mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir.

Ia memastikan kondisi sampah di seluruh tempat pembuangan sementara maupun di tempat lain sudah bersih sebelum libur Lebaran selesai atau masyarakat kembali beraktivitas seperti biasa.

"Kita coba lakukan penanganan sebelum masyarakat semua kembali, insya Allah sudah dibersihkan," katanya.

Ia menyampaikan Pemkot Tasikmalaya akan menggerakkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyisir setiap titik tempat pembuangan sampah sementara maupun tempat pembuangan sampah yang liar.
Selain itu, akan diaktifkan lagi gerakan Satuan Tugas Tasik Resik untuk membersihkan sampah di setiap sudut kota maupun lingkungan pemukiman masyarakat.

"Jadi OPD-OPD sudah mulai bergerak ke titik-titik yang jadi tanggung jawabnya saat itu. Jadi insya Allah target kita Senin depan sudah kembali bersih lagi," katanya.

Baca juga: Wisata Gunung Galunggung ramai dikunjungi wisatawan pada libur Lebaran

Ia menambahkan seluruh tempat pembuangan sampah sementara di Kota Tasikmalaya dipastikan sudah mulai ditangani oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup pada Kamis (27/4).

"Kalau yang di TPS-TPS besok sudah mulai ditangani oleh armada angkutan DLH (Dinas Lingkungan Hidup)," katanya.*

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023