Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi langkah Polrestabes Bandung untuk mengaktifkan kembali regu patroli bernama Tim Prabu untuk meningkatkan keamanan Kota Bandung.

"Saya sangat mengapresiasi salah satu ikhtiar dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga ini. Karena patroli yang masif di seputaran kota, terbukti dapat menurunkan kejahatan," ujar Yana di Balai Kota Bandung, Senin.

Baca juga: Kapolrestabes Bandung aktifkan kembali tim Prabu

Yana menilai dengan pengaktifan kembali Tim Prabu yang sebelumnya sempat dibubarkan karena tidak memiliki dasar hukum, juga bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung, karena artinya ada peningkatan atas upaya penjagaan keamanan dan kenyamanan warga yang merupakan salah satu faktor pertumbuhan ekonomi.

"Intinya kita sepaham perlunya menjaga keamanan Kota Bandung yang kondusif. Karena tanpa faktor keamanan itu, proses pertumbuhan ekonomi juga tidak akan berkembang," kata Yana.

Meski telah ada lagi Tim Prabu, Yana berharap warga Kota Bandung tetap waspada untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang dapat sewaktu-waktu terjadi, termasuk di momen mudik lebaran.
"Kita ingin warga juga sama-sama menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan Tim Prabu sudah mulai aktif sejak Kamis (6/4) malam yang langsung berpatroli dan mengawasi tempat-tempat rawan.

Baca juga: Dua anggota Tim Prabu gadungan yang rampas motor diciduk

Selain tim Prabu, Budi pun menginstruksikan seluruh jajarannya hingga tingkat Polsek untuk berpatroli menggunakan lampu patroli untuk memberikan rasa nyaman bagi warga.

"Tim Prabu aktif kembali untuk patroli mengamankan wilayah Kota Bandung, khususnya dari kejahatan pada malam hari maupun kegiatan lain, baik itu tawuran, begal, dan lainnya. Saya juga minta seluruh jajaran dari berbagai unit satuan sampai tingkat polsek untuk melakukan tugas patroli dengan lampu menyala untuk membantu memberikan rasa aman pada masyarakat," tutur dia.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023