Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan rekayasa lalu lintas di Pasar Sandang Tegal Gubug saat arus mudik Lebaran 2023 untuk mengantisipasi kepadatan, terutama saat hari pasaran.

"Kami sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Pasar Tegal Gubug karena titik tersebut menjadi salah satu yang difokuskan," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Sabtu.

Arif mengatakan pada saat masa arus mudik Lebaran 2023, Pasar Sandang Tegal Gubug menjadi salah satu titik kemacetan atau kepadatan lalu lintas.

Apalagi, lanjut Arif, ketika berbarengan dengan hari pasaran setiap hari Sabtu dan Selasa diperkirakan akan terjadi kepadatan sehingga pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di daerah tersebut.

Selain itu, kata Arif, pihaknya menyiagakan petugas di sekitar lokasi untuk menjadi pagar betis agar para pembeli maupun masyarakat tidak berlalu lalang sehingga diharapkan tidak menimbulkan kepadatan.

"Kami siagakan anggota di sekitar lokasi dengan jumlah cukup banyak agar bisa mengurai kepadatan," tuturnya.

Selain menempatkan anggota, kata dia, pihaknya berkoordinasi dengan Polres Indramayu untuk mengalihkan arus yang akan menuju ke Pasar Sandang Tegal Gubug.
Nanti saat sudah padat, papar dia, maka pihaknya meminta agar arus dari arah Jakarta yang akan menuju ke Cirebon masuk ke Jalur Arteri Karangampel dan menuju ke perbatasan Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, tepatnya di Mundu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan polres tetangga agar saat terjadi kepadatan bisa dipindah menuju ke jalur Karangampel," katanya.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023