Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memastikan program satu miliar satu desa atau Samisade berlanjut pada tahun anggaran 2024 setelah membahasnya dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

"Samisade itu kan bagus, kami lanjutkan. Pembangunan sarana prasarana jalan itu tetap dilanjutkan, pendidikan juga kesehatan, serta fokus pada pelayanan publik dengan stabilitas pembangunan daerah," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra di Bogor, Kamis.

Ia menyebutkan, program bantuan keuangan infrastruktur desa itu bersama program prioritas lainnya telah dibahas dalam Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024 tingkat kabupaten di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Senin (20/3).

Sementara itu, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa tahun ini Program Samisade juga telah dianggarkan dalam APBD 2023 dengan anggaran lebih besar dari tahun lalu, yakni Rp407 miliar. Pencairannya bisa dilakukan lebih awal pada triwulan III atau Juni 2023.

Ia berharap, penyerapan Samisade tahun ini maksimal seperti 2022 di mana penyerapan berdasarkan Surat Permohonan Pencairan Dana (SP2D) yang masuk ke Kas Daerah, mencapai 99 persen dari alokasi sekitar Rp365 miliar pada APBD 2022.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Bogor pastikan Program Samisade berlanjut pada 2024

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023