Bupati Cianjur Herman Suherman, meminta rektorat Universitas Suryakancana membuka atau mengadakan jurusan Kedokteran sebagai upaya mempercepat proses menjadi perguruan tinggi negeri di Jawa Barat.

"Penambahan Fakultas Kedokteran diketahui dapat mempermudah proses peralihan status Unsur daerah menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN)," kata Bupati Herman di Cianjur, Minggu.

Herman menjelaskan, saat ini Unsur Cianjur sudah memiliki Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sains Terapan (Faperta), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (Febi) dan Program Pascasarjana.

Untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sektor pendidikan terutama rata-rata lama sekolah, Pemkab Cianjur mendukung universitas swasta di daerah itu menjadi universitas negeri, sehingga tingkat lama sekolah menjadi 25 tahun.

"Ketika ada Fakultas Kedokteran nantinya dapat menghasilkan dokter dan tenaga kesehatan asli Cianjur terlebih saat ini di daerah ini dokter dan tenaga medis tidak sebanding dengan jumlah penduduk," katanya.

Rektor Unsur Cianjur Dwidja Priyatno, mengatakan keberadaan Fakultas Kedokteran nantinya akan beriringan dengan peralihan status menjadi PTN yang sejak beberapa tahun sudah diajukan ke pemerintah daerah dan mendapat dukungan penuh.

"Kami akan menjajaki kerja sama dengan Fakultas Kedokteran di salah satu Universitas Negeri di Jawa Barat, sehingga jurusan kedokteran akan menunjang penegerian Unsur Cianjur menjadi PTN," kata Dwidja.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023