Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0611 Garut melibatkan masyarakat dan aparatur pemerintah setempat membersihkan sampah dalam rangka Karya Bakti TNI untuk mewujudkan kebersihan dan lingkungan yang sehat di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Tujuan dari pada kegiatan Karya Bakti ini adalah kita membantu pemerintahan daerah dalam rangka mewujudkan kebersihan dan lingkungan yang sehat," kata Koordinator Karya Bakti TNI Manunggal Bersama Rakyat Kodim 0611/Garut Kapten CHB Khasanudin saat kegiatan bersih-bersih lingkungan di Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong, Garut, Rabu.

Baca juga: Pemkab Garut alokasikan Rp11 miliar lebih untuk perbaiki rumah tak layak huni

Ia menuturkan kegiatan Karya Bakti TNI Manunggal Bersama Rakyat Kodim 0611/Garut itu menurunkan sebanyak 70 prajurit dibantu masyarakat setempat kurang lebih 60 orang, dan unsur lainnya melakukan kegiatan membersihkan lingkungan agar indah, bersih, dan sehat.

Dalam kegiatan itu, kata dia, semua yang terlibat karya bakti ini dilaksanakan beberapa kegiatan fisik berupa pembersihan lokasi dalam rangka mewujudkan program Harum Madu yang artinya Halaman Rumah Manfaat Terpadu, kemudian membersihkan selokan, dan irigasi.

"Sehingga dengan Karya Bakti bersama rakyat, maka diharapkan akan tercipta ikatan batin yang kokoh, kuat TNI dengan masyarakat, baik itu fisik maupun nonfisik," kata Khasanudin yang juga menjabat sebagai Komandan Koramil Bayongbong itu.

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut Taufik Buldani menyatakan, kegiatan tersebut salah satu upaya mengedukasi masyarakat agar timbul rasa cinta kepada lingkungannya masing-masing.

"Bagaimana cara merawat, cara menjaga, dan cara kita merawat, bagaimana lingkungan kita bersih, itu bisa dikatakan K3 yaitu keindahan, kebersihan, dan kesehatan," katanya.

Ia menyampaikan kebersihan lingkungan harus dijaga agar generasi penerus dapat meniru, dan mencontoh perilaku cinta lingkungan, karena semakin banyaknya jumlah penduduk, maka semakin bertambah sampah berat, sampah cair, maupun sampah padat di masyarakat.

Ia berharap program TNI yang melibatkan masyarakat merupakan kegiatan yang sekaligus memiliki nilai edukasi yang akhirnya nanti akan terwujud masyarakat yang peduli menjaga kebersihan lingkungannya sendiri.

Baca juga: DPRD Jabar: Sekolah yang terdampak tol di Garut harus diganti ke tempat ideal

"Khususnya ini di Kampung Neglasari, Dusun 3, Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong, mudah-mudahan bisa berkelanjutan, kita bekerja sama dengan aparat setempat, dinas terkait, kita bareng-bareng sekarang di sini, nanti di sana, untuk mengedukasi kepada masyarakat," katanya.

Kepala Dusun, Desa Mekarsari, Linda menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0611 Garut yang sudah menyelenggarakan kegiatan Karya Bakti TNI Manunggal dalam rangka mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Sangat mengapresiasi sekali, dan mengucapkan terima kasih banyak terhadap kesatuan ya TNI Kodim bisa bersama rakyat, merakyat bersama kami, semua bekerja sama menjaga lingkungan kebersihan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023