Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi menerjunkan tim untuk melakukan assessment ke Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat di Kabupaten Majalengka, terkait kelaikan untuk penerbangan haji pada 2023.
 
Dari hasil kunjungan tersebut, GACA Arab Saudi memastikan bahwa Bandara Kertajati dinyatakan siap dan layak untuk menyelenggarakan penerbangan haji tahun 2023.
 
"Pihak GACA menerjunkan tim untuk melakukan assessment kelaikan bandara melayani penerbangan haji 2023 ini. Kami telah dikunjungi tim GACA lagi terkait asesment kesiapan layanan di Bandara Kertajati untuk penerbangan haji," Vice President Corporate Secretary PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Dian Nurrahman ketika dihubungi di Bandung, Kamis.
 
Dalam kunjungan tersebut, kata Dian, pihak GACA Arab Saudi memastikan bahwa Bandara Kertajati sudah menuntaskan seluruh hasil pemeriksaan dari GACA Arab Saudi yang dilakukan sejak akhir 2022.
 
"Alhamdulillah semua assessment GACA Arab Saudi pada tanggal 6 Desember 2022 kemarin sudah selesai seluruhnya," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis Bandara Kertajati sudah siap melayani penerbangan pada musim haji 2023 ini.
 
"Jadi dari kapan-kapan juga sebenarnya Bandara Kertajati sudah siap," kata Ridwan Kamil.
 
Dia menuturkan kepastian itu akan didapat dari hasil finalisasi GACA Arab Saudi yang sudah berkunjung beberapa kali ke Bandara Kertajati.
 
"Kunjungan tersebut untuk memastikan musim haji tahun 2023 ini, warga Jawa Barat mayoritas terbangnya tidak lewat Cengkareng tapi lewat Kertajati," kata Ridwan Kamil.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023