Menyampaikan informasi terkini seputar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada pasien yang sedang mengunjungi rumah sakit selalu dilaksanakan oleh petugas BPJS Kesehatan Siap Membantu (BPJS SATU!) di rumah sakit mitra BPJS Kesehatan. Selain mengunjungi pasien JKN yang sedang menjalani rawat inap, pasien jKN yang sedang dirawat jalan pun tidak luput dari perhatian petugas BPJS SATU!.

“Tugas utama petugas BPJS SATU! antara lain memberikan kemudahan, kepastian, dan kecepatan layanan, dalam hal ini terkait informasi serta penanganan keluhan seputar JKN dan pelayanannya. Dengan adanya petugas tersebut di rumah sakit, diharapkan pasien JKN tidak kebingungan saat membutuhkan informasi yang diperlukan atau ketika memerlukan bantuan,” ungkap Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Suyatni.

Petugas BPJS SATU! di salah satu rumah sakit wilayah Kabupaten Sukabumi tampak sedang membantu salah satu peserta JKN untuk mengakses manfaat Aplikasi Mobile JKN. Dengan telaten, petugas tersebut membantu peserta mulai dari mengunduh, melakukan registrasi, sampai mencoba fitur-fitur yang ada dalam Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN ini dapat membantu kebutuhan informasi lengkap peserta, iuran peserta, jumlah tagihan, informasi fasilitas kesehatan dan lain sebagainya.

“Melalui aplikasi ini pun peserta dapat memanfaatkan fitur Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital, yang memuat nama dan nomor identitas peserta dan dapat digunakan sebagai bukti sah peserta JKN untuk mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan,” ujar Suyatni.

Eneng Sri Rahayu, peserta JKN yang saat itu didampingi suaminya menunggu giliran pemeriksaan di poli rumah sakit, mengungkapkan bahwa kehadiran petugas BPJS SATU! sangat membantunya.

“Alhamdulillah bertambah wawasan kami tentang Program JKN ini, ternyata ada Aplikasi Mobile JKN dengan fitur-fiturnya yang sangat membantu. Pindah fasilitas kesehatan pun ternyata bisa langsung saja lewat handphone ya, melalui aplikasi ini. Prosesnya jadi cepat dan hemat waktu,” kata Eneng.

Eneng juga tertarik dengan fitur Aplikasi Mobile JKN lainnya, salah satunya adalah kemudahan untuk mendaftar berobat melalui antrean online. Eneng pun mengatakan bahwa ia akan mencoba memanfaatkannya untuk kontrol berobat selanjutnya. 


 

Pewarta: Inforial

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022