BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi kembali bersinergi dengan Anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Asmara melakukan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (26/11). Langkah ini guna untuk memastikan masyarakat setempat memahami informasi terkini seputar Program JKN.

"Sasaran edukasi kami adalah warga di Kecamatan Warung Kiara, Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Sagaranten. Sesuai dengan semangat goyong royong semua tertolong yang lekat dengan program JKN, melalui program ini masyarakat dapat saling membantu untuk kebaikan,” ujar Dewi.

Dalam paparannya, Dewi mengingatkan masyarakat yang hadir mengikuti sosialisasi tentang pentingnya Program JKN yang dihadirkan pemerintah untuk menjamin kesejahteraan sosial warga negara, khususnya dalam bidang kesehatan. Masyarakat dapat mendaftar peserta JKN dengan iuran yang sesuai kemampuannya, dan hal ini menjadi bukti kesadaran mereka akan pentingnya program yang mengedepankan prinsip gotong royong ini.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Suyatni  menambahkan bahwa prinsip gotong royong menjadi kekuatan dari penyelenggaraan Program JKN. Melalui program ini setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Program JKN membuka akses untuk masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperlukan sesuai kebutuhan medisnya masing-masing. Dengan peserta dari berbagai lapisan masyarakat baik yang mampu atau pun yang tidak, menunjukkan bahwa masyarakat turut berperan aktif untuk menyukseskan program ini. Salah satunya dengan membayar iuran tepat pada waktunya,” ungkap Suyatni.

Lebih lanjut Suyatni tidak lupa mengingatkan tentang perkembangan pelayanan BPJS Kesehatan untuk peserta JKN yang dapat di akses secara online, di antaranya adalah Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Aplikasi Mobile JKN, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), dan BPJS Kesehatan Care Center 165. Pelayanan-pelayanan tersebut adalah inovasi pelayanan digital BPJS Kesehatan yang telah hadir untuk kemudahan pelayanan untuk peserta dan masyarakat. 

 

Pewarta: Inforial

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022