Kabupaten Garut Saber Hoaks inovasi Dinas Komunikasi dan Informatika Garut dalam acara Festival Literasi Digital (Viral) 2022, meraih penghargaan terbaik dari Pemprov Jawa Barat (Jabar) yang dinilai secara intensif menangkal penyebaran hoaks.

"Ini adalah pemberian penghargaan dari Pemprov Jabar dalam Literasi Digital Award. Alhamdulillah Kabupaten Garut menerima penghargaan aktivitas terbaik dengan beberapa kabupaten terkait Saber Hoaks," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Muksin melalui siaran pers di Garut, Ahad.

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Kepala Diskominfo Jawa Barat Ika Mardiah kepada Kepala Diskominfo Garut Muksin di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (8/10) malam.

Muksin menyampaikan selain Kabupaten Garut ada daerah lainnya, yakni Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Subang yang juga mendapatkan penghargaan serupa.

Baca juga: Menkop UKM Teten Masduki ingin Garut ciptakan jawara wirausaha baru

Penghargaan yang diraih Garut, kata Muksin, karena aktivitas terbaik yang telah dilakukan dalam pengelolaan informasi hoaks melalui Garut Saber Hoaks.

"Kita ketahui bahwa hoaks sekarang ini parah sekali, dan kita, terutama dari jajaran IKP (Informasi Komunimasi Publik) alhamdulilah sudah memberikan aktivitas bagaimana upaya untuk menangkal hoaks ini agar tidak semakin masif dan merugikan masyarakat banyak," kata Muksin.

Ia mengatakan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerja sama semua pihak, terutama jajaran pegawai di Bidang IKP Diskominfo Garut yang telah menunjukkan kinerjanya dengan baik.

Ia berharap kinerja yang baik itu tidak cukup sampai dengan mendapatkan penghargaan melainkan harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.
"Kita harus optimistis, tetap meningkatkan kinerja kita dalam berbagai bidang, tidak hanya aktivitas menangkal hoaks, tapi harus terus berkarya," katanya.

Ia menyampaikan seluruh jajarannya di Garut Saber Hoaks terus membuat konten positif dan menyebarkan informasi berbagai hal yang memiliki kepentingan publik.

"Terutama konten-konten pemerintahan agar masyarakat dapat menerima informasi yang positif, kemudian dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan," kata Muksin.

Ke depan, kata dia, jajarannya akan berkolaborasi dengan berbagai elemen untuk meningkatkan kompetensi, khususnya di bidang aktivitas literasi digital dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca juga: Garut meraih Anugerah Kualitas Jabatan Pimpinan Tinggi dari KASN

"Membangun ekosistem masyarakat, bagaimana kita dapat mengarahkan bahwa transformasi digital ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," katanya.

Dalam acara Festival Literasi Digital 2022 itu, Kepala Diskominfo Garut Muksin bersama dengan Kepala Diskominfo dari daerah lain menandatangani kerja sama Program Cisco's Country Digital Acceleration (CDA) dengan Pemerintah Provinsi Jabar.

Program CDA itu bertujuan untuk mempercepat agenda digitalisasi, baik di sektor pemerintahan maupun bisnis agar bisa lebih cepat dan efektif dalam memberikan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Program CDA difokuskan pada lima area utama, yaitu pemerintahan digital, industri digital, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) digital, keamanan siber, dan inklusi digital.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022