Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) belajar mengenai proses dan mekanisme secara langsung tentang kepemiluan ke KPU Provinsi Jawa Barat, melalui program magang.
 
"Mahasiswa kami perlu mengetahui dan memahami proses dan mekanisme secara langsung kepemiluan. Sehingga KPU Provinsi Jawa Barat dipilih menjadi salah satu tempat belajar mahasiswa melalui program magang," kata Ketua Program Studi Sarjana Ilmu Politik Unpad Ratnia Solihah, di Bandung, Selasa.

Baca juga: Ikano Universitas Padjadjaran usulkan proyek percontohan terkait HKI jadi agunan
 
Menurut Ratnia, program magang tentang kepemiluan di KPU Jawa Barat juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Unpad di dunia kerja.

Dosen Departemen Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Firman Manan mengatakan para mahasiswa tersebut akan mempraktikkan ilmu yang didapatkan selama masa pembelajaran.
 
"Pada prinsip bahwa mahasiswa harus mengimplementasikan secara linier pengetahuan dengan praktik kerja di lapangan," kata Firman.

Baca juga: Unpad dan Bio Farma beri pelatihan 4 peneliti dari negara OKI
Firman berharap peluang kerja sama lebih lanjut dengan KPU Provinsi Jawa Barat selain dengan program magang mahasiswa.
 
Sebelumnya KPU Provinsi Jawa Barat dan Universitas Padjadjaran (Unpad) memang telah memiliki Perjanjian Kerjasama resmi.
 
Dosen Departemen Ilmu Politik Universitas Padjadjaran lainnya, Mustabshirotul Ummah menambahkan beberapa latar belakang mahasiswa magang tersebut berasal dari keluarga praktisi politik maupun politisi.

Baca juga: Mangga bebas lalat buah hasil riset kolaborasi Injabar Unpad dan Kementan
 
"Oleh sebab itu, tidak sedikit dari mereka memiliki pengetahuan politik lebih kritis," kata Mustabshirotul Ummah.
 
Hal tersebut mendorong Prodi Ilmu Politik Unpad untuk memfasilitasi ruang belajar mahasiswa lebih luas dan mahasiswa dapat mengonfirmasi secara langsung pengetahuan melalui praktik kerja.

Baca juga: LKBN ANTARA NTB dan PALAWA Unpad latih medsos warga kaki Gunung Rinjani
Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok mengatakan mahasiswa dapat belajar langsung tentang kepemiluan kepada pihaknya.
 
"Dapat turun langsung di bagian teknis yang menangani tahapan pemilu, bagian sosialisasi yang memproduksi informasi dan sosialisasi kepemiluan, di bagian data dan informasi dapat langsung mahasiswa belajar tentang data pemilih atau bisa juga coklit. Di bagian lain juga bisa," kata Rifqi.

Baca juga: Konsep desa wisata di Indonesia bisa menarik mancanegara, kata Pusat Studi Pariwisata Unpad
 
Rifqi Ali Mubarok juga menyinggung mengenai penyelenggaraan pilkada dan sosialisasi tentang pelaksanaan Pemilu tahun 2024 kepada para mahasiswa magang.
 
Dia berharap masyarakat juga dapat menerima informasi terkait pilkada sama seperti sosialisasi tentang pelaksanaan pemilu.

Baca juga: Suporter perlu diedukasi terima menang atau kalah, kata pakar Unpad
 
 
 
 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022