Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Nusa Tenggara Barat bersama Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) PALAWA Universitas Padjadjaran melatih pelaku wisata bermedia sosial Instagram untuk promosi wisata.

Pelatihan digelar di Dusun Torean, Desa Loloan, Lombok Utara atau di kaki Gunung Rinjani, Rabu (24/8) malam.

Kepala Biro LKBN ANTARA Nusa Tenggara Barat, Riza Fahriza, menyatakan pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian ANTARA NTB untuk menularkan tata cara bermedsos khususnya Instagram yang akhirnya bisa digunakan ajang promosi pariwisata.

"Kami memiliki kesamaan pandangan dalam kegiatan 'Eksplorasi Rinjani, Pelatihan Pengelolaan Wisata Kelompok Sadar Wisata Lembah Penimbungan yang digagas oleh PMPA PALAWA Unpad," katanya.

Disebutkan, pemateri dari LKBN ANTARA Biro NTB, Ahmad Khaerul Arham memberikan materi cara mengaplikasikan atau "template" Instagram hingga bisa dimanfaatkan para pelaku wisata.

Para warga langsung mempraktikkan materi penggunaan instagram. "Mudah-mudahan pelatihan ini terus berlanjut, ini bukti kepedulian kami bersama PMPA PALAWA Unpad," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Eksplorasi Rinjani PMPA PALAWA Unpad, Fadiyah Munifah, menyebutkan tujuan acara ini untuk pengembangan pariwisata melalui peningkatan sumber daya manusia.
"Materinya di antaranya tentang pariwisata berkelanjutan, promosi di era digital, dan kompetensi pemandu wisata, " katanya.

Tema kegiatan yakni "Eksplorasi Rinjani: Menuju Masyarakat Desa Sadar Wisata" melalui pelatihan pokdarwis dan survei kebutuhan jalur pendakian Gunung Rinjani melalui Torean.

"Kegiatan ini berlangsung dari 18 Agustus sampai 27 Agustus 2022," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Loloan, Mahyudin, menyambut baik kegiatan tersebut karena menambah wawasan baru untuk promosi wisata dan UMKM di Torean.

"Kami berharap terus berkelanjutan pelatihan ini," katanya.
 
Sementara itu Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) Irawati Hermawan memberikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-39 Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) PALAWA dan semoga di usia tersebut organisasi mahasiswa tersebut bisa membawa pencerahan untuk masyarakat.

"Saya Irawati Kusmawan mengucapkan selamat HUT yang ke-39 untuk PALAWA Unpad. Semoga PALAWA selalu jaya, selalu mewarnai kita semua, dan menambah inspirasi kita semua," kata Teh Ira, Jumat.
Menurut dia, slogan PALAWA dengan Bina Diri, Bina Organisasi, dan Bina Lingkungan, merupakan slogan yang sangat keren sekali.

PMPA PALAWA Unpad berdiri pada tanggal 24 Maret 1982. 

Kata "palawa" bukanlah sebuah singkatan, melainkan kata yang diambil dari aksara pertama yang masuk di tanah Jawa, yaitu "pallawa". 

Filosofinya, yaitu sebuah aksara yang membawa pencerahan pada awal perkembangan literasi bangsa.

Melalui perhimpunan ini, diharapkan anggotanya seperti makna "palawa" itu sendiri, yaitu mencerahkan masyarakat awam dalam hal petualangan alam bebas dan lingkungan.

Berbagai kegiatan alam bebas yang biasa dilakukan adalah mendaki gunung, menelusuri gua, memanjat tebing, olahraga arus deras, dan susur pantai.

Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam Palawa Unpad juga bergerak dalam bidang lingkungan melalui seminar konservasi, inventaris tumbuhan, dan kegiatan lainnya.

Selain sebagai penggiat alam bebas dan pencinta alam, PMPA Palawa Unpad juga terjun dalam kegiatan kemanusiaan seperti pencarian orang hilang di gunung hutan, sungai, pantai, dan tanggap bencana.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: LKBN ANTARA NTB-PALAWA Unpad latih medsos warga kaki Gunung Rinjani

Pewarta: Riza Fahriza

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022