ANTARAJAWABARAT.com, 21/11 - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengeluarkan instruksi berupa Peraturan Gubernur (Pergub) tentang siaga bencana banjir hingga bulan Maret 2013, sebagai bentuk antisipasi menghadapi bencana alam karena banjir.

"Kalau kekeringan mengeluarkan Pergub, kalau banjir sekarang pergubnya sudah ada siaga banjir. Pemberlakuannya sejak sebulan lalu hingga Maret tahun depan," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Bandung, Rabu.

Heryawan menuturkan, pergub tentang siaga banjir tersebut juga berkaitan tentang mitigasi bencana alam.

"Semuanya siap misalnya terkait mitigasi bencana, relawan dari berbagai instasi sudah siap membantu mengatasi banjir," kata dia.

Menurut dia, beberapa kabupaten/kota di Provinsi Jabar yang dilanda musibah banjir ialah Kabupaten Bandung, Depok, Bekasi dan Bogor.

"Laporan banjir itu dari Kabupaten Bandung tentunya, kemudian Depok, Bogor, lalu Bekasi, yang jelas BPPD kita sudah sangat siap," kata dia.

Dikatakannya, berbagai upaya sudah dilakukan oleh Pemprov Jabar untuk mengatasi masalah banjir salah satunya dengan pengerukan DAS Citarum.

"Soal banjir terus kita tangani secara jangka pendek dan panjang. Jangka panjangnya melalui konservasi melalui kegiatan penanaman pohon pengaruhnya cukup tinggi. Lalu pengerukan juga dilakukan terus dalam tiga tahun ini Rp1,3 triliun dari 2011-2012. Mudah-mudahan ada pengaruhnya. Sekarang juga kata orang pengaruhnya ada walaupun masih kecil," kata dia.

Ajat Sudrajat

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012