ANTARAJAWABARAT.com,26/9 - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memprediksi Pemprov Jabar akan sulit menambah anggaran untuk KPU Jabar pada tahun ini, meskipun ada kemungkinan anggaran KPU akan membengkak jika banyak calon perseorangan yang mendaftarkan diri pada Pemilihan Gubernur Jabar 2013.

"Apabila Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar mengajukan anggaran lagi pada tahun ini, maka akan sulit terwujud," kata Ahmad Heryawan, di Kota Bandung, Rabu.

Heryawan menjelaskan, alasan akan sulitnya penambahan anggaran untuk KPU Jabar tersebut karena alokasi APBD Perubahan 2012 akan disahkan dalam beberapa hari mendatang.

"Ini artinya porsi APBD sudah terkunci dan tidak bisa diganggu gugat," kata dia
Pihaknya menyatakan KPU Jabar telah menghitung alokasi anggaran proses Pilgub Jabar dengan sedetail-detailnya, termasuk mengantisipasi kebutuhan anggaran untuk calon perseorangan.

"Akan tetapi, lanjut Heryawan, jika ke depannya terjadi kekurangan anggaran maka KPU Jabar bisa mengajukan kembali pada APBD 2013 murni.

"Pada dasarnya, saya percaya KPU sudah cermat menghitungnya. Kalau memang kurang, Insya Allah ada di APBD 2013 murni. Kalau sekarang susah, anggaran pemerintah itu rigid dan kaku," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Pokja Pencalonan Independen KPU Jawa Barat, Teppy Wawan Dharmawan menuturkan pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp4,5 miliar untuk setiap proses calon perseorangan yang akan mendaftarkan diri sebagai calon gubernur/wakil gubernur di Pilgub Jabar.

"Jadi dana itu digunakan untuk proses verifikasi dan distribusi surat dukungan calon perseorangan ke PPS (panitia pemungutan suara) di setiap kabupaten dan kota untuk diverifikasi oleh kami," katanya.

Dikatakannya, untuk satu surat dukungan satu calon perseorangan maka setidaknya KPU Jabar harus mengeluarkan dana sebesar Rp3 ribu untuk disttribusi hingga verifikasi.

"Jadi dana Rp4,5 miliar sendiri didapat dari 1,5 juta dukungan dikalikan lagi dengan Rp3 ribu. Sementara jika jumlah surat dukungan lebih dari Rp1,5 juta, maka KPU akan menambah anggarannya," kata dia.

Menurut dia, KPU Jabar sendiri hanya menyiapkan anggaran untuk empat pasang bakal calon independen di Pilgub Jabar.

"Tapi kalau nanti jumlah calon independen bertambah, maka KPU akan mengupayakan penambahan dana untuk proses distribusi dan verifikasi surat dukungan ke Pemprov Jabar," kata dia.***1***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012