ANTARAJAWABARAT.com,25/8 - Jumlah peserta kelompok atau perorangan yang mengikuti Anugerah Inovasi Jawa Barat (AIJB) tahun 2012 melonjak dan meningkat empat kali lipat jika dibandingkan tahun lalu.

"Tahun kedua pelaksanaan Anugerah Inovasi Jawa Barat, jumlah pesertanya naik empat kali lipat, yakni sebanyak 201 peserta. Tahun lalu, jumlah pesertanya hanya 52," kata Karo Bantuan Sosial Pemprov Jawa Barat, Neny Kencanawati, di Kota Bandung, Sabtu.

Neny mengatakan, peningkatan jumlah peserta, terutama ialah di bidang pendidikan sebanyak 57 peserta, bidang infrstruktur dan lingkungan hidup 49 peserta, bidang seni budaya dan pariwisata 40 persen, bidang pangan 23 peserta , bidang kesehatan 18 peserta dan bidang enegeri 14 peserta.

"Meningkatknya jumlah peserta ini merupakan sebuah bentuk apriasi dan dukungan yang luar biasa dari masyarakat terhadap acara ini. Dan juga bantuan dari teman-teman media massa," kata dia.

Menurut dia, setelah dilakukan tahap penilian oleh tujuh orang tim penilai yang diketua oleh Prof Hendra Gunawan dari ITB dan enam orang penilai dari unsur perguruan tinggi lainnya di Kota Bandung, didapatkan sebanyak 49 peserta dari 201 peserta yang mendaftar, dinyatakan sebagai nominasi untuk mendapatkan Anugerah Inovasi Jawa Barat 2012.

"Kita ada empat kriteria dalam penilian dan semuanya dlakukan oleh tim penilai independen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kota Bandung," katanya.

Neny menuturkan, pemenang Anugerah Inovasi Jawa Barat tahun ini seharunys diberikan kepada 12 pemenang yakni enam kategori perorangan dan enam kategori kelompok.

"Namun, untuk tahun ini peserta di bidang energi kategori kelompoknya dan di bidang kesehatan kategori perorangan tidak ada. Maka hadiah akan diberikan kepada 10 pemenang yang terdiri atas lima di bidang kelompok dan lima di bidang perorangan," ujarnya.

Pemberiaan penghargaanya sendiri, kata Neny, akan dilakukan hari Senin (27/8) pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Jawa Barat dalam rangkat memperingati HUT Jawa Barat ke-67.

"Insya Allah akan diserahkan langsung Pak Gubernur. Dan 10 pemenang akan mendapatkan hadish sebesar Rp100 juta untuk kategori kelompok dan Rp50 juta untuk perorangan," ujar Neny.***2***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012