ANTARAJAWABARAT.com,10/8 - Jalur Lingkar Gentong di kawasan tanjakan Gentong Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya mulai diuji coba dilintasi oleh kendaraan dari arah Tasikmalaya jurusan Bandung, Jumat.

Jalur Lingkar Gentong sudah diuji cobakan mulai Jumat ini, sifatnya baru sementara untuk mengalirkan arus lalu lintas dari jalur Tasik ke arah Bandung," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Guntoro di Bandung, Jumat.

Meski sudah diujicobakan, belum seluruh kendaraan bisa melintas ke jalur yang rencananya baru tuntas November 2012 itu. Uji coba dilakukan untuk seluruh kendaraan dari arah Tasikmalaya.

"Pengerasan jalan itu sebenarnya sudah tuntas, pembetonan sudah beres juga sudah dilapisi aspal. Tinggal finishing," kata Guntoro.

Jalur Gentong dioperasikan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas khususnya di beberapa belokan yang selama ini menjadi titik rawan macet.

Sedangkan arus lalu lintas dari arah Bandung ke Tasikmalaya tetap dialirkan menggunakan jalan lama. Sifatnya sementara, dan Kepala Dinas PU Bina Marga Jabar meminta agar pengendara berhati-hati.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub untuk memasang rambu, ruasnya cuma 1,5 kilometer, namun rambu perlu, termasuk untuk mengurangi kepadatan di jalur lama," kata Guntoro.

"Sebagian kan belum tahu jalan baru, termasuk bila jalur di jalur lama disatu arahkan," katanya.

Selain mengoperasikan Jalur Lingkar Gentong, Guntoro menyebutkan sejumlah ruas jalan juga sudah diperbaiki baik itu jalur utama maupun jalur alternatif termasuk di jalur wisata.

"Perbaikan sudah dilakukan, sebagian ada pelebaran ruas jalan. Tujuannya meminimalisasi kepadatan dan meningkatkan kenyamanan. H-7 semuanya sudah beres dan tidak ada lagi pengerjaan proyek," kata Guntoro.

Sementara itu untuk mengantisipasi longsor, PU Bina Marga juga menempatkan alat berat di sejumlah titik rawan kecelakaan lalu lintas.***3***



Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012