Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan pelatihan kepada jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota/kabupaten tentang penerapan sistem keamanan informasi dalam rangka mempersiapkan diri menyelenggarakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang lebih optimal.

"Kami berharap ini yang paling penting adalah pemerintah daerah Pemprov Jabar dan kabupaten/kota itu bisa maju bersama dalam mengamankan penyelenggaraan SPBE, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik," kata Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Diskominfo Jabar Tiomaida Seviana melalui siaran pers di Garut, Kamis.

Kegiatan latihan dan bimbingan teknis indeks keamanan informasi itu diikuti perwakilan dari setiap Diskominfo Kabupaten dan Kota di Jabar yang dilaksanakan selama tiga hari sampai 10 Juni 2022 di Ballroom Hotel Santika, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Tiomaida mengatakan kegiatan itu terdapat beberapa manfaat di antaranya pemenuhan terhadap kebutuhan standar keamanan informasi yang sudah teruji dalam pengamanan informasi, menggambarkan peta area tata kelola keamanan informasi dan sistem informasi di pemerintahan.

Selanjutnya meningkatkan efektivitas dan keandalan pengamanan informasi, serta membantu Diskominfo kabupaten/kota dalam menjalankan perbaikan yang berkesinambungan di dalam pengelolaan keamanan informasi.

"Banyak ya lumayan, berikutnya adalah agar teman-teman ini bisa belajar memiliki kontrol terhadap keamanan informasi gitu ya terhadap lingkungan proses bisnis gitu, yang mungkin menimbulkan risiko atau gangguan, nah yang terakhir tentunya juga teman-teman itu bisa belajar mekanisme untuk mengukur berhasil atau tidaknya kendali keamanan seperti itu," katanya

Ia juga berharap Pemerintah Provinsi Jabar dan kabupaten/kota bisa maju bersama-sama dalam mengamankan penyelenggaraan SPBE.

"Harapannya agar pemerintah daerah semakin siap untuk pengamanan SPBE," katanya.
Kepala Diskominfo Kabupaten Garut Muksin mengatakan kegiatan itu bisa memberikan keyakinan bahwa informasi-informasi yang dimiliki oleh pemerintah aman dari bentuk-bentuk penyalahgunaan maupun serangan-serangan yang bersifat siber.

Ia berharap melalui acara tersebut bisa meningkatkan indeks keamanan informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Garut khususnya, dan kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat pada umumnya.

"Jadi itu adalah untuk mendongkrak dan memberikan keyakinan bahwa informasi-informasi yang kita miliki, yang kita kumpulkan itu aman dari bentuk-bentuk penyalahgunaan maupun serangan-serangan yang bersifat siber," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022