RANS Entertainment pemilik HAKI VCGamers sebagai pengembang infrastruktur blockchain, Shinta VR sebagai pengembang dunia metaverse akan berkolaborasi dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai institusi dalam mengembangkan dunia pendidikan di metaverse.
 
"Kolaborasi antara SBM ITB dengan Ransverse akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal kami akan melakukan aktivasi untuk kegiatan virtual inkubasi para startup SBM ITB , menyelenggarakan workshop dan kelas-kelas," kata Director the GreaterHub SBM ITB Dina Dellyana dalam keterangan pers Humas SBM ITB, Kamis.
 
Langkah berikutnya, lanjut Dina, akan dibuat metaverse version dari beberapa lab yang ada di SBM ITB seperti Laboratorium Manajemen Teknologi atau MOT Lab, Inkubator, makerspace dan lain sebagainya.
 
"Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk eksplorasi kegiatan pendidikan menggunakam teknologi baru sehingga lebih relate dengan mahasiswa, selain itu juga meningkatkan learning experience untuk mahasiswa. Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan percepatan pengembangan ekosistem entrepreneurship digital di SBM ITB," kata dia.
 
Dia mengatakan misi SBM ITB untuk mendidik mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang inovatif dan berjiwa wirausaha, mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan bisnis dan manajemen untuk kemajuan bisnis, pemerintah, dan masyarakat yang dapat diimplementasikan di dunia metaverse.
 
Metaverse bukan hanya tentang game dan hiburan. Teknologi virtual dan augmented reality berlaku di banyak sektor, termasuk pendidikan.
 
Terutama pada masa pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama dua tahun ini banyak merubah perspektif dan juga sistem pembelajaran yang tadinya secara luring akhirnya harus terbiasa dengan belajar secara daring.
 
Tidak peduli seberapa skeptisnya kita tentang hal itu, sekolah atau kuliah juga diharapkan mendapat manfaat besar dari metaverse, menggunakan kemampuan imersifnya untuk membuat lingkungan pembelajaran virtual lebih hidup, dan pembelajaran itu sendiri lebih menarik dan eksperiensial bagi mahasiswa tersebut.
 
RansVerse adalah metaverse pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi blockchain sebagai fondasi yang menghubungkan dunia fisik dan virtual.
 
Berbagai hal yang ada di dalam RansVerse nanti akan berbentuk NFT.
 
Pemain disediakan RansVerse Builder di mana pemain bisa membuat dan mendesain NFT sendiri berupa rumah, kostum, kendaraan, dan lain-lain yang nantinya NFT tersebut juga bisa diperjualbelikan di marketplace VCG menggunakan $VCG Token.
 
Mereka juga berencana untuk memperluas kemitraan dengan merek, pembuat konten, gamer dan pengembang game sehingga ini dapat menjadi platform yang bermakna inklusif baik di komunitas game lokal dan internasional.
 
Selain itu, hal yang ditunggu tunggu para holders $VCG, RansVerse Initial Land Offering (ILO) Wave 1 akan dibuka untuk publik secara resmi pukul 21:00 wib pada tanggal 30 May, di mana para holders $VCG akhirnya akan mendapat kesempatan untuk membeli lahan virtual di kepulauan berbentuk ‘R’ ini dan menjadi tetangga pada pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.
 
Secara teknisnya calon pembeli dapat mengakses website https://ransverse.vcgamers.com/maps, dengan cara menghubungkan wallet cryptocurrency via trust wallet, metamask, safepal atau wallet connect dan langsung memilih dan membeli lahan berwarna putih.
 
Sementara VCGamers sebagai pelopor platform perdagangan sosial web3 para gamer di Indonesia telah memperoleh US$2,6 juta atau Rp37 miliar dalam putaran awal yang didorong oleh BEENEXT dan Rans Venture pada pertengahan tahun 2021.
 
Didukung oleh teknologi Blockchain, VCGamers meluncurkan mata uang kripto berupa $VCG,yang dapat digunakan secara keseluruhan demi mendukung ekosistem VCGamers.

$VCG beroperasi pada Binance Smart Chain, dibangun di atas jaringan perdagangan sosial yang bersifat platform-agnostik dan game-agnostik, staking token dan aset NFT akan terintegrasi secara universal melalui Infrastruktur dan komunitas yang sudah ada sehingga memberi manfaat bagi metaverse manapun yang terhubung dengannya.
 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022