Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebut, kendaraan yang masuk ke wilayah Jawa Barat meningkat 10 persen pada H-6 Lebaran 2022 dibandingkan hari sebelumnya.

"Info di lapangan, kendaraan sudah ada peningkatan sebesar 10 persen," kata Ibrahim di Bandung, Selasa.

Menurutnya, kendaraan yang mulai masuk ke daerah Jawa Barat itu mengakses jalan tol dan juga jalur arteri. Informasi tersebut, kata dia, diperoleh dari pantauan personel yang berjaga di lapangan.

Meski begitu, ia belum menyebut secara rinci jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah Jawa Barat itu. Namun peningkatan itu menurutnya merupakan tanda sudah adanya mobilitas pemudik dari arah barat ke timur.

Dengan adanya peningkatan tersebut, ia mengimbau kepada para pemudik untuk mengatur jadwal keberangkatan dengan kondisi lalu lintas di jalur yang akan dilalui.

"Memantau arus lalu lintas bisa lewat Google Maps, sehingga mudik bisa lebih efisien," katanya.

Selain itu, ia pun meminta kepada para pemudik untuk beristirahat jika merasa lelah saat dalam perjalanan. Di sepanjang jalur mudik di Jawa Barat, menurutnya tersedia tempat rehat baik di jalan tol maupun jalur arteri.

"Mempersiapkan diri dan kendaraan agar semua aman dan tidak terkendala di jalan, selalu taat aturan lalu lintas," kata Ibrahim.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022