ANTARAJAWABARAT.com,14/4 - Biro Pengembangan Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Anugerah Inovasi Jawa Barat 2012 untuk yang kedua kali.

Kepala Biro Bangsos Provinsi Jabar Nenny Kencanawati di Bandung, Jumat, menuturkan, tema AIJB 2012 ialah lingkungan dan kesejahteraan manusia.

"Dan untuk tahun ini, nilai apresiasinya mengalami peningkatan. Nantinya setiap pemenang akan memperoleh penghargaan," kata Nenny.

Ia mengatakan, untuk juara perorangan, hadiahnya Rp50 juta dan untuk juara kelompok hadiahnya Rp100 juta plus sertifikat serta piala. Nanti ada 6 juara perorangan dan 6 juara kelompok.

Nenny mengatakan, melalui ajang AIJB diharapkan menjadi solusi serta dapat memotivasi masyarakat Jabar supaya lebih kreatif, menghasilkan ide, gagasan, terobosan yang baru dan hasil karya.

"Jadi semua itu diharapkan bisa bermanfaat menyelesaikan permasalahan di lingkungannya. Atau bahkan menjadi solusi percepatan pembangunan di Jabar," katanya.

Ia menuturkan, untuk tahun ini, ada enam kategori yang bisa diikuti para peserta dalam ajang AIJB yaitu bidang pendidikan, kesehatan, pangan, energi, infrastruktur dan lingkungan hidup, serta bidang seni, budaya dan pariwisata.

Dikatakannya, bagi bidang pendidikan mencakup inovasi dan upaya peningkatan rata-rata lama sekolah, pemberantasan buta huruf, dan peningkatan keahlian.

"Untuk bidang kesehatan meliputi inovasi dan upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, perilaku hidup bersih dan sehat, serta peningkatan derajat kesehatan. Bidang pangan membahas tentang upaya peningkatan kemandirian pandan dan produksi pangan berkelanjutan," kata Nenny.

Sementara itu, untuk bidang energi, inovasi dan karya yang diajukan harus terkait dengan upaya penghematan dan peningkatan kemandirian energi.

"Untuk bidang infrastruktur dan lingkungan hidup, tentang pembangunan ramah lingkungan serta pengelolaan limbah domestik dan industri. Dan untuk seni, budaya dan pariwisata lebih kepada pengembangan seni dan budaya serta pengembangan tujuan wisata," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk masyarakat yang ingin mengikuti AIJB 2012, dapat mengunduh formulir pendaftaran di situs http://www.jabarprov.go.id atau permohonan melalui email inovasi.jabar@gmail.com.

Formulir bisa diserahkan langsung ke panitia atau melalui pos, paling lambat 21 Mei, dengan alamat Biro Pengembangan Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Jabar Jalan Diponegoro No.22 Kota Bandung telepon (022) 4224852 serta fax (022) 4203450 sedangkan pengumuman pemenang rencananya tanggal 27 Agustus 2012.***3***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012