ANTARAJAWABARAT.COM,5/4 - Salah satu filon (plat dari besi) berukuran 2 x 2,5 meter yang menempel di tiang beton penyangga yang menjadi puncak Jalan Layang Pasteur Surapati (Pasupati) Kota Bandung, nyaris terlepas dari tiang beton yang memiliki ketinggian hampir 25 meter tersebut.

"Tadi pagi saya dapat laporan dari warga, katanya ada yang lepas dari tiang penyangga jembatan ini. Setelah saya cek, ternyata filonnya yang hampir lepas," kata Pengawas Lapangan Jalan Layang Pasupati Iyan di lokasi kejadian, Kamis.

Iyan menuturkan, terlepasnya filon yang memiliki warna merah bata dari tiang beton penyangga Jalan Layang Pasupati tersebut diperkirakan karena faktor cuaca.

"Kenapa terlepas, mungkin karena faktor cuaca ya, makanya filonnya terlepas. Karena sejak kemarin hujan disertai angin kencang melanda Kota Bandung," kata Iyan.

Filon penyangga yang terletak antara Jalan Cihampelas dan Jalan Pasteur Kota Bandung, cukup membahayakan pengendara yang melintas di Jalan Layang Pasupati karena sewaktu-waktu filon tersebut bisa terlepas dan mengenai pengendara.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sekitar 10 orang petugas berjaga-jaga di sekitar tiang beton penyangga Jalan Layang Pasupati.
Salah seorang pengendara roda dua Tri (23) mengaku khawatir dengan kejadian tersebut karena jika filonnya terlepas maka bukan tidak mungkin akan mengenai pengendara yang melintas di Jalan Layang Pasupati.

"Takut juga sih, karena kalau terbang bahaya banget itu, apalagi angin kencang seperti ini bisa mencelakakan orang," kata Tri.

Pantauan di lapangan, tampak 10 orang petugas memberikan peringatan kepada pengendara yang lewat dengan mengibar-ngibarkan bendera merah.

Selain itu, petugas juga memasang papan peringatan "Hati-hati ada perbaikan jalan."***3***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012