Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok, Jawa Barat telah mendistribusikan sebanyak 13 ribu bibit ikan konsumsi hingga Januari 2022.

"Sampai Januari 2022 ini, kami telah mendistribusikan 13 ribu bibit ikan air tawar atau ikan konsumsi, utamanya kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan)," ujar Kepala UPTD BBI Kota Depok Nur Hidayat, dalam keterangannya, Jumat.

Baca juga: Balai Benih Ikan Kota Depok siapkan strategi tangani masa kempes telur

Ikan tersebut didistribusikan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), sekolah, masyarakat sekitar dan lembaga yang mengajukan permohonan untuk kegiatan pelepasan ikan.

Menurut dia jenis ikan yang didistribusikan beragam. Rinciannya, ikan lele sebanyak 3.500 ekor, ikan mas 1.500 ekor, ikan tawes 3.000 ekor dan nila 5.000 ekor.

"Sebelumnya, stok ikan di BBI per Desember 2021 mencapai 16 ribu ekor, terdiri dari ikan nila 7.500, ikan tawes 3.000 ekor, lele 3.500 ekor dan ikan mas 2.000 ekor," ujarnya.
Nur Hidayat berharap, ikan yang telah didistribusikan bisa memberi manfaat bagi penerima. Baik untuk dikonsumsi maupun dikembangbiakkan.

Ia mengatakan salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan bibit ikan ini adalah mengajukan surat permohonan dengan maksud dan tujuan ke Kantor UPTD BBI Kota Depok, yang beralamatkan di Jalan Parung Poncol, RT 03/RW 02, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari.

Baca juga: BBI Kota Depok hasilkan 200 ribu ikan konsumsi per tahun

Baca juga: Pemkot Depok kembangkan ikan hias Bala Shark

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022