Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan optimistis capaian vaksinasi dosis pertama tuntas 70 persen beberapa hari ke depan atau akhir tahun 2021 untuk selanjutnya melangkah pada capaian dosis kedua.

"Ini Garut sudah akan menunjukkan hari Senin (27/12) sudah 70 persen, kita sudah berhasil 70 persen," kata Rudy Gunawan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Garut, Jabar, Sabtu.

Bupati Garut bersama Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Garut sekaligus Sekretaris Daerah Pemkab Garut Nurdin Yana meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di daerah untuk memastikan tim vaksinator tetap bekerja untuk mencapai target 70 persen warga Garut telah divaksin COVID-19 tahan pertama.

Baca juga: Tempat wisata dan hotel di Garut tetap buka saat libur Natal dan Tahun Baru

Bupati menyampaikan tim vaksinator terus melaksanakan tugasnya meskipun saat ini sedang libur Natal maupun akhir pekan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin COVID-19.

"Ini luar bisa, hari ini di hari libur kita terus melaksanakan vaksinasi vaksin COVID-19," katanya.

Ia menyampaikan setelah tercapainya angka vaksinasi tahap pertama 70 persen maka Kabupaten Garut bisa masuk pada Level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
Selanjutnya, kata Bupati, jajarannya berupaya terus untuk bisa mencapai vaksinasi COVID-19 sebesar 100 persen tahap pertama, kemudian menggenjot capaian vaksinasi dosis dua.

"Kami tetap untuk mengingatkan kita masih punya kewajiban, untuk menyelesaikan 100 persen," katanya.

Baca juga: Dukun palsu sebabkan korbannya tewas ditangkap Polres Garut

Camat Kadungora Ahmad Mawardi menambahkan, pihaknya bersinergi dengan TNI/Polri, serta melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 agar capaian vaksinasi bisa melebihi 80 persen.

"Sekarang tetap kita perjuangkan untuk bisa mencapai 100 persen, artinya di luar yang komorbid, di luar yang memang sudah divaksinasi di Kadungora, kita upayakan terus," katanya.

Capaian vaksinasi di Kabupaten Garut hingga 24 Desember 2021 untuk dosis 1 sudah menyentuh angka 68,6 persen, sedangkan untuk dosis 2 sudah mencapai angka 35,5 persen.
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021