Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengajak partai politik maupun pihak di luar pemerintah untuk ikut membantu percepatan vaksinasi agar tercapai kekebalan kelompok pada awal 2022.

"Kalau pilar kita sendiri, kita kerepotan dalam percepatan vaksinasi, tapi alhamdulillah semua pihak Pak Dandim (Komandan Kodim 0611), Pak Yuda (politisi PDIP) meresap sampai masyarakat maka akan tercapai," kata Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Garut juga Sekretaris Daerah Pemkab Garut, Nurdin Yana di Garut Sabtu.

Nurdin Yana menghadiri vaksinasi massal bersama PDI Perjuangan di Kelurahan Karangmulya, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Sabtu.

Ia menuturkan pemerintah daerah membutuhkan bantuan peran dari pihak lain seperti jajaran TNI, Polri, maupun dari partai politik termasuk perbankan untuk mensukseskan vaksinasi COVID-19 hingga 70 persen akhir tahun 2021 atau awal 2022.

Menurut dia, adanya bantuan dari semua pihak akan memudahkan percepatan vaksinasi COVID-19 hingga akhirnya terbentuk kekebalan kelompok pada awal 2022 di Kabupaten Garut.

"Ada bantuan mudah-mudahan 'herd immunity' yang kita ingini di awal tahun atau di akhir tahun bisa tercapai," katanya.

Ia menyampaikan upaya mewujudkan kekebalan kelompok itu sudah siap dengan dosis vaksin yang tersedia cukup banyak di Dinas Kesehatan Garut maupun di institusi TNI.

Ia berharap semua pihak seluruh jajaran termasuk tenaga kesehatan untuk tetap menjaga sinergitas dalam rangka menghadapi wabah COVID-19 dengan mewujudkan kekebalan kelompok pada awal 2022.

"Alhamdulillah berkat dorongan dari semua pihak, kami sangat merasakan dampaknya, pilar ini bisa berjalan sinergis," katanya.

Ketua DPC PDIP Garut juga Anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan yang hadir dalam kegiatan vaksinasi massal tersebut menyatakan pihaknya secara organisasi partai politik maupun sebagai legislator siap membantu pemerintah untuk percepatan vaksinasi COVID-19, terutama upaya mewujudkan kekebalan kelompok di akhir tahun.

Ia menyampaikan selama ini DPC PDIP Garut terus berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk dinas kesehatan, dan saat ini dengan Perusahaan Umum Daerah BPR Garut dalam menyelenggarakan vaksinasi massal di Kelurahan Karangmulya.

Upaya PDIP Garut untuk mensukseskan vaksinasi itu, kata dia, salah satunya dengan menyiapkan berbagai hadiah, maupun paket sembako yang dinilai bisa menarik masyarakat untuk datang ke sentra vaksinasi.

"Dari PDI Perjuangan Garut ada 500 bingkisan sembako dari Koramil Karangpawitan, dan ada 100 bingkisan sembako dari PDI Perjuangan khusus lansia yang divaksin," katanya.

Baca juga: Bupati harap MTQ tingkat Kabupaten Garut lahirkan banyak penghafal Al Quran

Baca juga: Kasus aktif COVID-19 di Garut tambah dan angka kematian nihil

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021