ANTARAJAWABARAT.com,19/8 - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan penghargaan Anugerah Inovasi Jawa Barat (AIJB) 2011 terhadap hasil karya inovatif serta upaya luar biasa yang dilakukan masyarakat baik perorangan maupun kelompok.

Penghargaan tersebut diserahkan pada rangkaian acara peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro Nomor 22 Kota Bandung, Jumat.

Gubernur mengatakan, penyerahaan penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dan perhatian Pemerintah Provinsi Jabar terhadap individu maupun kelompak masyarakat yang sudah berkontribusi dalam membangun Jawa Barat dengan mengembangkan karya inovatif maupun upaya luar biasa yang sudah dilakukannya.

Heryawan berharap, Anugerah Inovasi Jawa Barat ini dapat memotivasi warga masyarakat untuk lebih kreatif, menghasilkan ide, gagasan, terobosan-terobosan dan hasil karya yang bermanfaat menyelesaikan permasalahan yang ada di Jawa Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Meski ini baru pertama kali, namun perhatian masyarakat yang mengikuti ajang kompetisi cukup baik. Sehingga diharapkan ke depan masyarakat yang ikut terlibat dalam AIJB terus meningkat, dalam upaya mendorong peran aktif masyarakat lebih banyak lagi dalam proses pembangunan Jawa Barat," kata Heryawan.

Berikut ialah beberapa penerima penghargaan Anugerah Inovasi Jawa Barat (AIJB) 2011 untuk Kategori Perorangan ialah Rahman Rasidin (Bidang Pendidikan).

Rahman Rasidin dinilai telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan dengan karyanya berupa pembelajaran matematika dengan tata cara perhitungan jari yang unik dan efektif untuk siswa Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar, yang diserta penanaman semangat serta penguasaan bahasa Jepang.

Sedangkan untuk kategori kelompok diberikan kepada Tuna Daksa Biru Mandiri yang mengembangkan teknologi pembuatan kaki palsu berbiaya rendah, yang lentur sehingga dapat digunakan untuk beraktivitas dengan nyaman, bahkan untuk naik sepeda dan sholat.

Selain itu, Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Institut Teknologi Bandung (ITB) juga memperoleh penghargaan AIJB 2011 karena telah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat melalui pembangunan infrakstruktur berkelanjutan berbasis partisipasi masyarakat seperti jembatan, bangunan sekolah (melalui bedah sekolah).

Para penerima penghargaan tersebut disamping menerima tanda penghargaan juga menerima hadiah uang.

Untuk kategori perorangan, masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang sebesar Rp35 juta sedangkan untuk kategori kelompok akan masing-masing akan mendapat hadiah sebesar Rp55 juta/kelompok.***6***
Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011