ANTARAJAWABARAT.com,19/7- Maskapai penerbangan nasional Merpati Nusantara Airlines melakukan penerbangan pertama Bandung - Semarang, Selasa.

Penerbangan perdana atau "inaguration flight" dilakukan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung yang diikuti oleh Direksi Merpati dan Kementerian Perhubungan RI.

"Pembukaan rute baru Bandung - Semarang dilakukan setelah potensi pasar di sana cukup besar, sekaligus merupakan rangkaian penambahan rute dari Bandung," kata Direktur Niaga Merpati, Toni Aulia di sela-sela terbang pertama di Bandara Husein Sastranegara.

Rute Bandung - Semarang itu dilayani dengan pesawat MA-60 jenis propeler turbo dengan kapasitas sebanyak 54 tempat duduk.

Jadwal penerbangan Bandung - Semarang pukul 09.40 WIB dari Bandara Husein Sastranegara.

Sebelumnya, Merpati telah memiliki jadwal penerbangan Bandung - Surabaya - Denpasar, Bandung - Batam, serta penerbangan Bandung - Halim Perdanakusumah dan Bandung Yogyakarta.

"Potensi pasar penerbangan ke Bandung bagus, rata-rata 900 orang per hari," kata Toni.

Lebih lanjut Direktur Niaga Merpati menyebutkan pasar yang dibidik antara lain dari kalangan pebisnis, wisatawan, pelajar serta lainnya.

Bandara Husein yang telah menjadi pintu gerbang masuk dari Singapura dan Kuala Lumpur Malaysia merupakan destinasi yang strategis. Merpati membidik perjalanan wisata ke Semarang dan Yogyakarta via Bandung.

Sementara itu dalam waktu dekat, Merpati juga akan membuka jadwal penerbangan Bandung - Lampung.

"Tahun ini ada empat jadwal penerbangan baru dari Bandung, salah satunya Bandung - Semarang," kata Direktur Niaga Merpati Nusantara Airlines itu menambahkan.***5***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011