Pengelola hotel di kawasan Puncak-Cianjur, Jawa Barat, mengalami peningkatan pada hari biasa dari 30 persen menjadi 50 persen dengan lama menginap rata-rata dua hari, bahkan saat akhir pekan angkanya terus meningkat hingga 70 persen sesuai aturan PPKM level 3.

Markom Manager Le Eminance Hotel Cipanas, Rizki Sutrisna di Cianjur Selasa, mengatakan tingkat hunian hotel, mengalami peningkatan seiring rendahnya penularan COVID-19 sejak satu bulan terakhir, terlebih setelah Cianjur sempat masuk ke level 2.

"Seiring kelonggaran yang diberikan, kami terus meningkatkan prokes ketat, termasuk melakukan PCR tes bagi tamu yang akan menginap. Termasuk seluruh karyawan sudah divaksin dosis kedua, bahkan pemeriksaan kesehatan ditingkatkan untuk menjamin kesehatan," katanya.

Pihaknya mencatat sejak satu bulan terakhir, tingkat kunjungan meningkat terutama pada hari biasa, dimana hunian dapat mencapai 50 persen dari ratusan kamar yang ada. Bahkan di akhir pekan kembali meningkat hingga 70 persen. Karena sesuai aturan yang berlaku, pihaknya membatasi tingkat hunian.

"Kalau tidak dibatasi hampir setiap akhir pekan, kamar terisi penuh, namun kami patuh aturan, sehingga tingkat hunian dibatasi hanya 70 persen paling tinggi. Harapan kami seiring gencarnya vaksinasi, berbagai kelonggaran dapat diberikan, sebagai upaya cepat pemulihan ekonomi, " katanya.

Sementara Plt Kepala Disparpora Cianjur, Pratama Nugraha, mengatakan seiring tingginya angka kunjungan wisatawan ke Cianjur, dimana tempat wisata dan penunjang wisata tetap diperbolehkan buka, pihaknya menggencarkan vaksinasi dan pengawasan. Kegiatan tersebut, sebagai upaya menunjang Cianjur untuk turun ke level 1, sehingga tidak ada pembatasan yang memberatkan.

"Kami berharap semua kalangan mendukung, Cianjur dapat turun level dengan cara berpartisipasi dalam mensukseskan vaksinasi tercapai sesuai Inmendagri 70 persen. Sehingga berbagai kelonggaran diberikan, agar Cianjur dapat fokus pemulihan ekonomi dengan meningkatkan angka kunjungan wisata, " katanya.

Baca juga: BPBD: Dua bencana alam terjadi dalam sepekan ini di Cianjur

Baca juga: Disparpora Cianjur catat tempat wisata patuhi batasan pengunjung 50 persen

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021