Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menyosialisasikan manfaat teknologi digital yang dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat secara ekonomi maupun pengembangan diri agar lebih sukses dan maju.

"Dengan digitalisasi nanti banyak peluang-peluang dari sisi ekonomi dan pengembangan diri untuk bisa meraih kesuksesan yang lebih besar lagi," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut Muksin di Garut, Selasa.

Ia menuturkan program sosialisasi pemanfaatan teknologi digital itu melibatkan kelompok masyarakat informasi, salah satu realisasinya dengan menggelar pelatihan teknologi digital blockchain bagi sejumlah masyarakat di Ballroom Sabda Alam, Cipanas Garut.

Ia menyampaikan arus informasi saat ini begitu cepat dan banyak beragam informasi sehingga menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi masyarakat Garut.

"Masyarakat bisa mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pengembangan potensi diri dan pengembangan masyarakat," kata Muksin.

Ketua pelaksana juga dari kelompok masyarakat informasi Janur M Bagus menyatakan kegiatan sosialisasi itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Salah satunya, kata dia, pemanfaatan teknologi digital khususnya blockchain yang memiliki peluang untuk menjadi sumber penghidupan, baik untuk personal maupun organisasi.

Ia menjelaskan dalam kegiatan sosialisasi teknologi digital blockchain itu peserta belajar tiga istilah yakni digital marketing, digital ekosistem, dan digital ekonomi dengan harapan masyarakat Garut bisa melek digital versi teknologi blockchain.

"Kita ingin warga Garut saat ini termasuk warga melek digital versi teknologi blockchain, karena misalnya kita ada literasi digital, digital marketing, kalau di sini kita dari sisi komunitas belajar apa itu namanya digital marketing, digital ekosistem, dan digital ekonomi," kata Janur.

Pakar digital blockchain yang menjadi pemateri dalam kegiatan sosialisasi, Ali Akbar mengatakann blockchain merupakan salah satu teknologi yang bisa membantu masyarakat agar bisa lebih sejahtera.

Ali menjelaskan digital blockchain akan mampu melahirkan 10 profesi baru, untuk itu dalam sosialisasi ini mengajak masyarakat Garut untuk mengenal lebih jauh manfaat teknologi digital ini.

"Blockchain ini sebenarnya teknologi yang membantu banyak masyarakat bisa lebih sejahtera karena salah satu inovasi di blockchain namanya crypto," katanya.

Baca juga: Ciburial Garut masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Baca juga: Pemkab Garut beri bantuan mesin produksi bagi IKM
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021