Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat memberikan bantuan mesin produksi bagi sejumlah pelaku usaha industri kecil menengah (IKM) untuk mendorong produktivitas usaha hingga bisa berdaya saing di pasaran yang akhirnya meningkatkan keuntungan.

"Tentu hal ini (IKM) perlu kita dukung, baik pembinaan, kewirausahaan, dan sekaligus pemberian mesin pengolahan dan atau mesin produksi bagi para IKM yang membutuhknnya," kata Kepala Bidang Industri Agro Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Garut Imas Nurjamilah melalui siaran pers di Garut, Selasa.

Ia menuturkan Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Garut memberikan hibah mesin produksi tahun anggaran 2021 kepada 18 IKM yang dinilai membutuhkan program bantuan itu.

Mesin produksi itu, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi sehingga produk IKM di Kabupaten Garut mampu berdaya saing sebagai produk lokal dengan pemanfaatan bahan baku yang ada.

"Pemda Garut terutama Bapak Bupati telah memperhatikan kebutuhan para IKM saat ini," katanya.

Ia menyampaikan bantuan mesin produksi yang diberikan kepada pelaku IKM di Kabupaten Garut di antaranya mesin jeruji kerajinan bambu, mesin pengering kerupuk, mesin roasting, mesin grinder, penggiling daging, cetak adonan kulit lumpia, sablon, dan mesin cetak bata.

Ia berharap adanya bantuan itu pelaku IKM di Kabupaten Garut mampu berjalan mandiri dalam mengembangkan usaha di bidangnya masing-masing yang akhirnya bisa meningkatkan produk unggulan Garut.

"Kami juga selaku dinas teknis terkait sangat mengharapkan keterlibatan dari semua 'stakeholder', khususnya dari dinas teknis terkait untuk dapat juga mendukung program kegiatan ini," katanya.

Penerima bantuan mesin produksi dari Perkumpulan Pengusaha dan Pengrajin Bambu Mekarsari Jaya Mandiri juga penjual sangkar burung Atep Maman (44) menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang sudah memberikan perhatian kepada pelaku IKM di Garut.

Terutama pelaku usaha kerajinan bambu, kata dia, akan terbantu dengan adanya bantuan mesin jeruji untuk meningkatkan produksi usaha.

"Alhamdulillah bersyukur kepada Allah swt, saya dan kelompok mendapatkan bantuan mesin ini, semoga bermanfaat dan barokah, dan mudah-mudahan bertambah lagi bantuan dari pemerintah yang cukup, yang layak," katanya.

Baca juga: Pemkab Garut kebut capaian vaksinasi COVID-19 di daerah terpencil

Baca juga: Pemkab Garut libatkan asosiasi ritel percepat vaksinasi pulihkan ekonomi

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021